Buah Penurun Kolesterol Tinggi

Untuk mengatasi kolesterol tinggi dapat dilakukan salah satunya ialah dengan mengkonsumsi buah penurun kolesterol. Kolesterol tinggi merupakan sebuah penyakit yang sudah tidak asing lagi di dengar oleh telinga kita. kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi yang tidak menimbulkan gejala apapun namun, kolesterol tinggi dapat membahayakan kesehatan. Kolesterol dibagi menjadi dua, yaitu kolesterol baik (HDL) kolesterol jahat (LDL).


buah penurun kolesterol

                              Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch


Jenis Buah Penurun Kolesterol

HDL dengan kepadatan tinggi disebut kolesterol baik karena HDL mengangkut kolesterol dari sel-sel dan kembali ke hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran. Sedangkan LDL dengan kepadatan rendah adalah kebalikan dari HDL. LDL mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Jika jumlah kolesterol tersebut melebihi yang dibutuhkan, maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit.

Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. bagi Anda yang memiliki koleterol tnggi segeralah untuk melakukan upaya menurunkan kadar kolesterol. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh salah satunya dapat dengan mengkonsumsi buah penurun kolesterol. buah penurun kolesterol tersebut antara lain:

1. Buah Berry

Buah penurun kolesterol yang pertama yaitu buah berry. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa stroberi, blueberry dan anggota lain dari keluarga berry membantu menurunkan kolesterol LDL. Sebuah studi 2009 oleh A. Basu dan rekan-rekannya di Oklahoma State University, yang hasilnya diterbitkan dalam “Journal Nutrition,” Menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi strawberry bubuk sebagai minuman mampu menurunkan LDL dan kadar kolesterol total mereka secara signifikan hanya dalam empat minggu. Dalam studi lain di Universitas California Davis, yang hasilnya diterbitkan pada tahun 1998 dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry,” peneliti yang dipimpin oleh Edwin Frankel, PhD, menunjukkan bahwa blackberry, raspberry merah, ceri manis, blueberry dan stroberi semua membantu kadar kolesterol LDL yang lebih rendah, maka dari itu buah berry merupakan buah penurun kolesterol yang dapat konsumsi.

2. Grapefruit

Buah penurun kolesterol selanjutnya yaitu grapefruit. Sebuah studi di Universitas Ibrani Yerusalem dilaporkan pada tahun 2006 oleh American Chemical Society “Journal of Agricultural and Food Chemistry,” menunjukkan bahwa orang dengan kolesterol tinggi yang gagal mengkonsumsi obat, mampu menurunkan kadar kolesterol mereka secara signifikan dengan makan satu porsi grapefruit setiap hari selama satu bulan. Kedua jenis grapefruit putih dan merah berhasil menurunkan kolesterol, meskipun grapefruit merah lebih efektif dan juga memiliki efek lebih besar pada tingkat trigliserida. Penulis studi tersebut, yang dipimpin oleh Shela Gorinstein, PhD, berteori bahwa sifat antioksidan jeruk lah yang bertanggung jawab atas efek penurun kolesterol nya.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah penurun kolesterol. Meskipun buah penurun kolesterol tersebut memang mengandung banyak lemak, yaitu sekitar 16 persen. Tetapi lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal. Mengonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kesehatan. Lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pembuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL (low density lipoprotein).

4. Jeruk

Buah penurun kolesterol selanjutnya yaitu jeruk. Banyak jenis jus jeruk yang diperkaya dengan zat sterol dimana zat tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 10 persen. Berdasarkan studi klinis menunjukkan bahwa Jus jeruk dapat meningkatkan HDL, atau kolesterol baik.

5. Jeruk nipis

Buah penurun kolesterol selanjutnya yaitu jeruk nipis. Buah tersebut mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL, sehingga otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain pada jeruk nipis, flavonoid juga banyak ditemui pada teh, tomat, brokoli, kedelai, delima, serta bawang merah dan bombay.

6. Mangga

Mangga juga merupakan salah satu buah penurun kolesterol. Mangga mengandung banyak serat prebiotik yang membantu menurunkan kadar kelesterol jahat dalam darah. Selain serat, ada juga pectin dan vitamin C yang mampu mengikis kolesterol LDL. Vitamin C ini akan mencegah kolesterol LDL teroksidasi, sehingga penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa dihindari.



Oleh: Bidan Sulistia

Sumber: rumahgreenworld.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :