Cara Menurunkan Kolesterol Secara Sederhana Tanpa Obat

Kolesterol merupakan zat yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid. Produsen utama zat ini adalah hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. Kadar lipid yang terlalu tinggi, disebut dengan hiperlipidemia, dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Penderita sebaiknya menjaga agar HDL tetap tinggi, karena berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Berikut merupakan cara menurunkan kolesterol jahat dengan makanan seperti:


cara menurunkan kolesterol

Alat ces kolesterol multi fungsi merk Nesco



1. Bubur gandum atau oatmeal

Cara menurunkan kolesterol yang pertamaa adalah dengan mengkonsumsi gandum atau oatmeal mengandung serat tinggi yang dapat mengurangi tingkat Kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Serat tinggi juga ditemukan di kacang merah, pisang, apel, pir dan buah prune. Serat ini akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukan.

2. Yoghurt

Cara menurunkan kolesterol yang kedua adalah dengan mengkonsumsi yoghurt. Makanan ini bebas lemak, dan kaya protein, kalsium, mikroorganisme (Lactoballius sp) yang membantu menurunkan kolesterol tinggi.

3. Coklat

Cara menurunkan kolesterol yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi coklat. Coklat adalah bahan pangan untuk camilan, dan mengandung antioksidan serta flavonoid yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Coklat juga akan melepaskan stres atau ketegangan tubuh.

4. Makanan yang difortifikasi

Cara menurunkan kolesterol yang keempat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang difortifikasi dengan sterol atau stanol (zat dalam tumbuhan yang membantu menahan penyerapan kolesterol) di antaranya margarine, juice jeruk, atau Yoghurt.

5. Kacang-kacangan 

Cara menurunkan kolesterol yang kelima adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan lebih banyak dan mengurangi kentang. Karbohidrat dalaam kentang akan menaikkan kadar gula dalam darah. Sementara kacang-kacangan akan memiliki banyak serat dan sedikit meningkatkan kadar gula.

6. Olahraga teratur

Cara menurunkan kolesterol yang keenam adalah melakukan olehraga secara teratur,seperti jogging, jalan sehat, bersepeda, dan lainnya. Aktivitas fisik teratur setiap harinya dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. Olahraga juga akan mengurangi kesempatan munculnya sumbatan arteri.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Sayuran

Asupan makanan berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, karena kandungan dalam makanan tertentu bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL). Berikut merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi dengan makanan, diantaranya:

1. Bawang putih

Cara menurunkan kolesterol yang pertama adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung serta menurunkan Kolesterol tinggi. Konsumsi bawang putih bisa melalui campuran dalam salad atau rempah dalam menu makanan.

2. Bayam

Cara menurunkan kolesterol tinggi yang kedua adalah dengan mengkonsumsi bayam. Sayuran hijau ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Buncis

Cara menurunkan kolseterol tinggi yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi buncis. Buncis merupakan sayuran rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes atau resistensi insulin. Mengkonsumsi jus buncis sekitar satu gelas setiap hari akan membantu menjurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat.

5. Kedelai

Cara menurunkan kolsterol yang kelima adalah dengan mengkonsumsi kedelai. Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Makanan berbahan kedelai sebaikn ya tidak dimasak dengan minyak biasa, ganti dengan minyak zaitun.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Buah-Buahan

Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga berperan penting dalam menurunkan kolesterol tinggi. Berikut merupakan cara menurunkan kolesterol dengan buah-buahan, diantaranya:

1. Jeruk nipis

Cara menurunkan kolesterol tinggi yang pertama adalah dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Jeruk mengandung zat flavonoid, yang merupakan senyawa yang mampu menghambat produksi LDL. Flavonoid terdapat juga di teh, brokoli, tomat, bawang berlapis serta buah delima.

2. Jambu biji

Cara menurunkan kolesterol yang kedua adalah dengan mengkonsumsi jambu biji. Hal tersebut dikarenakan jambu biji memiliki kandungan likopen yang berperanan dalam mengendalikan produksi kolesterol. Buah-buahan lain yang berfungsi sama adalah semangka merah, tomat merah, dan jambu biji merah.

4. Mangga

Cara menurunkan kolesterol yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi buah mengga. Kandungan mengga yang memiliki Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang membuat terjadinya plak (penimbunan) kolesterol dalam tubuh.


Oleh: Bidan Sulistia

 Sumber: halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :