Gejala Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh Yang Perlu Diwaspadai

Kolesterol dalam kehidupan sehari hari sering dikaitkan dengan penyakit berbahaya yang menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya. Namun sebetulnya tidak semua kolsterol menimbulkan penyakit. Kolesterol sendiri terdiri dari dua macam. Pertama kolesterol ldl low desnity lipoprotein dan hdl atau high density lipoprotein. Gejala kolesterol tinggi yang dapat dilihat adalah adanya benjolan berwarna merah atau yang biasa disebut xanthomas yang biasanya ada di beberapa bagian tubuh. Gejala kolesterol tinggi pada beberapa orang ada juga yang merasakan beberapa kondisi seperti dibawah ini.


gejala kolesterol tinggi

Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch

Gejala kolesterol tinggi

  • Gejala kolesterol tinggi yang pertama adalah kesemutan
  • Gejala koelsterol tinggi yang kedua adalah rasa sakit pada sendi
  • Gejala koelsterol tinggi yang ketiga adalah pusing atau migrain yang sering kambuh
Namun bagaimanapun juga ternyata kolesterol tidak menimbulkan gejala kolesterol yang spesifik pada kebanyakan kasus. Selain dengan obat – obatan, kolesterol tinggi juga dapat ditekan dengan cara lain, yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat karena yang menjadi penyebab kolesterol tinggi adalah makanan dan sumber kolesterol tersebut dapat ditemukan pada daging, susu dan telur. Meskipun kolesterol dibutuhkan tubuh tetapi organ hati dalam tubuh telah menghasilkan 80% kolesterol sehingga tanpa adanya kolesterol tambahan dari luar tubuh pun kebutuhannya sudah terpenuhi.

Gejala kolesterol tinggi tidak banyak menimbulkan gejala yang sepesifik untuk itu cara terbaik untuk melihat apakah terkena penyakit kolesterol tinggi atau tidak bisa memeriksakan darah ke dokter dengan tes darah di laboratorium. Karena kolesterol tinggi yang tidak terkontrol sangatlah berbahaya dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, stoke bahkan serangan jantung.

Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi

Beberapa cara apabila terkena kolesterol tinggi dan ingin menurunkannya bisa mencoba beberapa tips berikut ini :
  • Mengkonsumsi sayur-sayuran namun jangan dimasak dengan santan, untuk alternatif bisa dijadikan lalapan.
  • Jika ingin minum susu, Minumlah susu sapi tanpa lemak.
  • Jika ingin mengkonsumsi telur cukup konsumsi putih telurnya saja tanpa kuning telur.
  • Hindari goreng-gorengan, mentega
  • Hindari susu lemak tinggi, sosis atau keju
  • Hindari gajih sapi, gajih kambing, dan daging sapi berlemak,
  • Hindari kepiting, kerang, udang, belut, siput memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
  • Hindari minuman beralkohol
  • Hindari rokok

Dampak Kolesterol Tinggi

Kolesterol dapat mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Jadi kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke, baik kecil dan besar, dan serangan jantung. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang tersebut stres atau melakukan kegiatan fisik. Selain itu kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Apabila kadar kolesterol sudah dinyatakan tinggi maka segeralah merubah pola makan dan merubah kebiasaan buruk. Jika hal tersebut tidak dilakukan penderita kolesterol tinggi akan lebih berisiko terkena stroke atau penyakit jantung. Kebiasaaan buruk seperti merokok harus dihentikan atau dikurangi, karena pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat akrolein ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati.

Akibatnya jika hal tersebut terjadi bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis. Selain itu, risiko penderita juga meningkat apabila penderita memiliki penyakit hipertensi, diabetes, atau memiliki keluarga yang menderita penyakit jantung atau stroke. Kolesterol tinggi pula dapat disebabkan karena keturunan. Penderita Kolesterol tinggi yang disebabkan keturunan ini kadar Kolesterolnya akan tetap tinggi meskipun sudah mengkonsumsi makanan sehat.



Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • hariansehat.com
  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :