Kolesterol Normal HDL dan LDL Dalam Tubuh

Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui kadar kolesterol normal terutama jika anda telah berusia diatas 40 tahun. Kolesterol bukanlah hal asing yang kita dengar, melainkan hal tersebut merupakan hal yang sering kita dengar. Salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh kolesterol adalah kolesterol tinggi yang dapat membahayakan kesehatan. Kolesterol dibagi menjadi yaitu kolesterol baik atau yang disebut dengan HDL dan kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL. HDL atau kolesterol baik yang terdapat dalam protein yang masuk ke dalam tubuh akan tercerna dengan sendirinya di dalam tubuh dan akan dikeluarkan dari tubuh bersama dengan kotoran. Sedangkan LDL atau kolesterol jahat, jika jumlahnya melebihi yang dibutuhkan, maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit.

Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar selalu berada dalam kadar normal. Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui kadar kolesterol normal. Lalu, berapakah kadar kolesterol normal ?.

              Informasi harga dan pembelian alat cek kolesterol klik disini               

kolesterol normal HDL
 Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch



Sebelum kita membahas mengenai kadar kolesterol normal, berikut ini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai jenis-jenis kolesterol.

Jenis-jenis Kolesterol Normal (Kadar Normal Kolesterol)

  1. Kolesterol HDL atau Hight Density Lipoprotein adalah kolesterol yang baik, karena kolesterol jenis ini dapat membuang atau mengurangi kolesterol jahat yang berlebihan pada pembuluh darah. Kadar normal dari kolesterol ini adalah 40 – 50 mg/dL serta antara 20 – 60 mg/dL.
  2. Kolesterol LDL atau Low Density Lipoprotein adalah sejenis kolesterol yang berbahaya, karena jenis kolesterol ini mempunyai resiko penyakit jantung. Kadar yang baik dari kolesterol ini adalah kurang dari 100 mg/dL, untuk ukuran normal antara 100 – 129 mg/dL, ukuran yang cukup antara 130 – 150 mg/dL, ukuran yang tinggi antara 160 – 180 mg/dL dan ukuran yang paling tinggi mencapai angka lebih dari 190 mg/dL.
  3. Trigliserida adalah suatu jenis lemak yang ada dalam darah serta terdapat dalam berbagai organ tubuh. Beberapa faktor yang dapat memicu trigliserida dalam aliran darah adalah obesitas/kegemukan, gula, mengonsumsi alcohol, serta makanan yang berlemak. Kadar normal dari kolesterol ini adalah kurang dari 150 – 199 mg/dL, kadar tinggi antara 200 – 499 mg/dL dan kadar paling tinggi apabila mencapai angka 500 mg/dL.
Setelah mengetahui jenis-jenis kolesterol diatas, dibawah ini terdapat penjelasan mengenai kadar kolesterol normal. Kadar kolesterol normal yang akan dijelaskan di bawah ini yaitu kadar kolesterol normal menurut world health organization (WHO). Kadar kolesterol normal tersebut antara lain:
  1. Kurang dari 200 mg/dL, ukuran ini merupakan takaran kadar kolesterol normal. Artinya jumlah kadar kolesterol LDL, HDL, serta Trigliselida masih kurang dari angka 200 mg/dL. Jika hal itu terjadi maka resiko terkena penyakit jantung akan semakin tipis atau sedikit.
  2. Berada pada angka 200 – 239 mg/dL, ukuran ini masih tergolong kolesterol cukup.
  3. Lebih dari ukuran 240 mg/dL merupakan ukuran kadar kolesterol yang tinggi, hal ini dapat memicu penyakit jantung korener.
Untuk lebih dapat memastikan bahwa kadar kolesterol Anda agar selalu berada dalam kadar kolesterol normal, lakukanlah pemeriksaan secara rutin agar kadar kolesterol tersebut dapat dengan mudah terkontrol. Selain itu, untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi makanlah dengan pola makan yang teratur dan olah raga yang teratur. Dengan melakukan kedua aktifitas tersebut akan membantu kita aman dan menjauhi segala penyakit. Utamakan lebih selektif dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi, karena bisa saja kolesterol yang terdapat dalam tubuh merupakan akibat dari makanan yang kita konsumsi.



Oleh: Bidan Sulistia

Sumber: disehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :