Makanan Penurun Kolesterol

Makanan penurun kolesterol, diantaranya: beras merah, gandum, bayam dan lain sebagainya. Kadar kolesterol yang tinggi tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan bebagai gangguan lainya seperti penyakit jantung. Untuk itu apabila kolesterol sudah dinyatakan tinggi maka haruslah diturunkan.


makanan penurun kolesterol
                            Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch


Jenis Makanan Penurun Kolesterol

1. Beras merah

Beras merah merupakan makanan penurun kolesterol karena memiliki kandungan vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien yang bermanfaat menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.

2. Gandum

Gandum merupakan makanan penurun kolesterol karena Gandum merupakan sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa ditemukan dalam roti yang terbuat dari bahan gandum.

3. Bayam

Bayam merupakan makanan penurun kolesterol karena memiliki kandungan zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Buncis

Buncis merupakan makanan penurun kolesterol karena dalam satu gelas jus buncis akan membantu menurunkan kolesterol jahat, triglesida.

5. Kedelai

Kedelai merupakan makanan penurun kolesterol karena memiliki kandungan isoflavin yang berguna untuk menekan kolesterol jahat agar tidak berkembang.

6. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan penurun kolesterol karena memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol tinggi.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, hazelnut merupakan makanan penurun kolesterol, karena memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacangan (seperti kacang Mede, kacang Walnut, kacang Hazelnut) kaya Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung. Hati-hati jangan makan kacang-kacangan yang sudah diberi garam dan gula. Konsumsi jenis kacang-kacangan secara teratur akan menurunkan kadar Kolesterol.

8. Ikan omega 3

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel, dan salmon akan menurunkan kolesterol jahat. Omega 3 baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak karena serangan jantung. Sumber Omega-3 lain adalah minyak canola.

Kompikasi yang Disebabkan Koelsterol Tinggi

Ketika mengalami kolesterol tinggi maka kolesterol akan membuat arteri makin menyempit, dan membuat aliran darah terhambat. Hal ini akan mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit lainya seperti :
  • Darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Batu empedu
Kolesterol tinggi ini disebabkan oleh beberapa faktor, namun penyumbang kolesterol tinggi berasal dari bahan makanan yang berasal dari sumber produk hewani seperti daging, susu, krim, mentega, telur dan keju

Makanan Pemicu Koleterol Tinggi

Kolesterol tinggi disebabkan oleh makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, pola hidup yang tidak sehat dan seimbang, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk sehari-hari. Faktor yang berperanan adalah faktor tidak dapat dikontrol, seperti bakat – keturunan dan usia. Berikut merupakan jenis makanan dan penyakit yang dapat memicu terjadinya kolesterol tinggi, diantaranya:
  • Obesitas (kelebihan berat badan),
  • Stress
  • Penyakit diabetes mellitus
  • Diet yang salah
  • Kurang olahraga
  • Kebiasaan buruk seperti merokok, minum kopi
  • Banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau lemak jenuh seperti mentega, biskuit, dan fastfood, akan membuat kolesterol dalam tubuh tinggi.


Oleh: Bidan Sulistia

Sumber: halosehat.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :