Menurunkan Kolesterol Dengan Cara Sederhana

Apabila Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi segeralah lakukan upaya untuk menurunkan kolesterol anda. Kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, akan tetapi jika jumlah kolesterol tersebut di dalam tubuh terlalu banyak, hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kolesterol LDL dapat menyebabkan plak berkumpul di arteri, yang akan menyebabkan penyakit jantung. Oeh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar selalu normal.



menurunkan kolesterol
                              Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch


Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Tindakan Sederhana

Apabila Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi segeralah lakukan upaya untuk menurunkan kolesterol. Beberapa cara untuk menurunkan kolesterol antara lain sebagai berikut:

1. Sarapan Pagi dengan Gandum

Cara menurunkan kolesterol yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi gandum sebagai menu sarapan pagi. Semangkuk oatmeal atau sereal gandum memiliki manfaat yang bertahan sepanjang hari. Serat dan karbohidrat kompleks dalam gandum membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Gandum juga membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol “buruk”) dan dapat menjadi bagian penting dari strategi penurunan berat badan Anda.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

Jenis lemak yang diperlukan dalam tubuh kita adalah lemak tak jenuh, seperti yang ditemukan di kanola, zaitun, dan minyak safflower, dimana lemak ini membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol “buruk”) dan dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol “baik”). Oleh karena itu, lemak tak jenuh dibutuhkan sebagai cara untuk menurunkan kolesterol. Sedangkan lemak jenuh, seperti yang ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa sawit, dan lemak trans, akan meningkatkan kolesterol LDL.

3. Konsumsi Kacang

Salah satu cara menurukan kolesterol yaitu dengan mengkonsumsi kacang. Sejumlah kacang merupakan makanan lezat yang dapat membantu dalam menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Kacang-kacangan memiliki lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang menurunkan kolesterol LDL (kolesterol “buruk”).

4. Olahraga

Dengan 30 menit aktivitas fisik, lima hari dalam seminggu (20 menit, tiga kali seminggu untuk olahraga berat, seperti jogging) dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, dan tentunya lebih banyak latihan tentu lebih baik. Olahraga juga membantu mempertahankan berat badan ideal, mengurangi risiko arteri tersumbat. Anda tidak perlu berolahraga selama 30 menit langsung, namun Anda dapat memecahnya menjadi bertahap 10 menit.

5. Perhatikan Makanan yang Anda Makan di Luar

 Jika Anda mengkonsumi makanan sehat di rumah untuk menjaga atau menurunkan kolesterol, maka jangan merusaknya ketika Anda makan di luar. Makanan restoran dapat mengandung lemak jenuh, kalori, dan natrium. Bahkan mungkin pilihan makanan sehat bisa memiliki ukuran porsi besar. Cobalah beberapa tips berikut untuk tetap menjaga kolesterol Anda:
  • Pilih makanan yang dipanggang, dioven, dikukus, dan dibakar, dan jangan yang digoreng.
  • Berlatih kontrol porsi dengan meminta setengah makanan Anda dibungkus sebelum makanan dibawa keluar.
  • Pisahkan saus di pinggir.

6. Berjalan-jalan

Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, maka Anda dapat berjalan-jalan. Hal ini sangat mudah, menyehatkan. Latihan aerobik atau kardiovaskular seperti berjalan kaki, dapat menurunkan kolesterol sehingga menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung, membantu Anda menurunkan berat badan, dan menjaga tulang tetap kuat. Jika Anda baru memulai, cobalah berjalan kaki 10 menit dan secara bertahap meningkat.

7. Kendalikan Stress

Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah, menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di arteri. Dan penelitian menunjukkan bahwa untuk beberapa orang, stres mungkkin dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol. Kurangi tingkat stres Anda dengan latihan relaksasi, meditasi, atau biofeedback. Fokus pada pernapasan Anda dan ambil napas yang dalam dan menyegarkan. Ini adalah cara pengurang stres sederhana yang dapat dilakukan di mana saja. Dengan mengendalikan stress, hal tersebut dapat membantu dalam menurunkan kolesterol.   



Oleh: Bidan Sulistia

Sumber : dokita.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :