Akibat Kolesterol Tinggi

Akibat kolesterol tinggi salah satunya dapat menyebabkan terjadinya aterosklerosis. Ateroseklerosis merupakan salah satu akibat kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan pembuluh darah mengecil, dengan kata lain aliran darah pada pembuluh darah akan berkurang dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh yang seharusnya teraliri darah cukup. Apabila ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang tanpa adanya penurunan, hal ini akan menyebabkan penurunan fungsi organ tubuh. Bahkan, disfungsi organ tubuh juga dapat terjadi jika memang telah sangat parah.

Kolesterol menjadi salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh manusia. Terdapat 2 jenis dari kolesterol yaitu HDL dan LDL. HDL dikenal sebagai kolesterol baik sedangkan LDL dikenal sebagai kolesterol jahat. Apabila kadar kolesterol jahat lebih tinggi dari pada kolesterol baik maka akan mempunyai akibat kolesterol tinggi. Kolesterol tersebut akan mengendap dan membentuk plak dalam pembuluh darah pada tubuh manusia. Apabila plak yang dibentuk cukup banyak maka dapat menghambat aliran darah dalam pembuluh darah sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu akibat kolesterol tinggi yang paling berbahaya. Penyakit jantung dapat disertai dengan komplikasi penyakit lain yang berujung pada kematian.




akibat kolesterol tinggi
Alat cek kolesterol multifungsi merk Easy Touch

Namun, untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dapat dibantu dengan adanya kolesterol baik atau HDL. HDL dalam tubuh berfungsi untuk membersihkan plak-plak yang disebabkan oleh kolesterol jahat. Sehingga dengan hadirnya HDL dalam tubuh dapat mengurangi terjadinya penyakit akibat kolesterol tinggi.

Akibat Kolesterol Tinggi yang Merugikan

Akibat kolesterol tinggi jelas dapat merugikan kesehatan tubuh manusia. Akibat kolesterol tinggi tubuh dapat menderita penyakit seperti penyakit stroke, penyakit jantung, dan gangguan pada mata. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi agar kita dapat mencegah beberapa kondisi akibat kolesterol tinggi, dan mengobatinya dengan perawatan yang lebih dini.

Untuk mencegah penyakit akibat kolesterol tinggi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari adanya kolesterol tinggi dalam tubuh. Ciri-ciri tersebut meliputi :
  1. Adanya rasa berat pada bagian tengkuk dan pundak akibat kolesterol tinggi. Hal ini dapat terjadi karena terjadi penumpukan plak pada pembuluh darah dan membuat suplai darah dan oksigen tersumbat pada bagian tersebut.
  2. Sering merasakan sakit kepala akibat kolesterol tinggi. Rasa sakit kepala ini terjadi karena pembuluh darah mengecil, aliran darah ke otak juga terhambat.
  3. Sering merasakan kantuk, letih dan lesu akibat kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena aliran darah ke otak yang terhambat.
  4. Sering merasakan stamina berkurang dan mudah lelah akibat kolesterol tinggi.
  5. Sering merasakan kesemutan akibat kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena aliran darah yang tidak lancar dan menggumpal.
Akibat kolesterol tinggi yang dialami oleh penderita kolesterol yang tinggi selama bertahun-tahun, dapat menimbulkan noda kuning muda pada bagian tubuh tertentu. Kejadian ini disebut dengan Xanthelasma. Xanthelasma adalah endapan kolesterol yang timbul dengan bentuk noda kuning muda pada bagian tubuh tertentu seperti pada tengah atau ujung kelopak mata. Akibat kolesterol tinggi lain yang dapat terjadi adalah Xanthoma, yaitu benjolan berbentuk padat pada bagian tubuh tertentu seperti tumit, siku, atau lutut.

Itulah beberapa akibat kolesterol tinggi yang dapat merugikan kesehatan bahkan merusak fungsi organ. Maka dari itu sebaiknya jaga kadar kolesterol tubuh agar tidak tinggi dengan melakukan pola hidup yang sehat dalam kehidupan kita sehari-hari.




Oleh : Bidan Sulistia

Sumber:
  • infosehatbugar.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :