Asam Urat dan Kolesterol (Gejala dan Pantangannya)

Asam urat dan kolesterol merupakan sebuah kondisi yang dapat membahayakan kesehatan. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang yang berusia diatas 30 tahun. Walaupun begitu, penyakit ini tidak dapat disepelekan atau diremehkan begitu saja. Asam urat bukanlah penyakit yang ringan, rasa sakit yang diberikan oleh penyakit ini bahkan sangat menyiksa saat sedang meradang. Oleh sebab itu, ada beberapa makanan yang dipantang untuk dikonsumsi.

Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal yang terdapat pada persendian yang terjadi karena kadar asam urat yang ada didalam tubuh terlalu banyak atau berlebihan. Banyak dokter yang menyarankan agar penderita asam urat juga memperhatikan asupan makanan agar kolesterol juga masih terjaga, pantangan asam urat dan kolesterol harus dihindari oleh penderita asam urat.


asam urat dan kolesterol
 Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco

Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

Berikut merupakan makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterol:

1. Jeroan

Pantangan asam urat dan kolesterol yang pertama yaitu Jeroan. Jenis jeroan seperti limpa, hati, otak, usus, paru dan ginjal memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan dapat menyebabkan asam urat.

2. Daging

Pantangan asam urat dan kolesterol yang selanjutnya yaitu daging. Jenis daging yang menjadi pantangan asam urat dan kolesterol yaitu daging kuda, daging sapi dan daging kambing.

3. Ekstrak daging

Pantangan asam urat dan kolesterol yang berikutnya yaitu ekstrak daging seperti abon dan dendeng daging. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut karena dapat membahayakan kesehatan.

4. Makanan gorengan

Pantangan asam urat dan kolesterol selanjutnya yaitu semua makanan yang digoreng, baik dengan minyak ataupun dengan margarin.

Pantangan makanan bagi penderita asam urat

Makanan diatas merupakan makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterol. Sebaiknya bagi anda yang menderita asam urat dan kolesterol segeralah untuk menghindari makanan tersebut.

Dibawah ini terdapat beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi Anda yang menderita asam urat. Makanan tersebut antara lain:
  • Sayuran, seperti jamur kuping, daun pepaya, buncis, bayam, daun singkong, kembang kol dan asparagus.
  • Bebek, yaitu angsa dan kalkun.
  • Makanan kaleng, seperti kornet, sarden dan lain-lain.
  • Seafood, seperti cumi-cumi, kepiting, sotong, ikan sarden, tiram, kerang, remis, ikan teri dan udang.
  • Kaldu, keju, kuah daging, es krim, telur dan air kelapa.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, melinjo, kacang hijau, kacang kedelai (termasuk tempe, tahu, tauco dan oncom).

Gejala asam urat

Gejala yang pada umumnya dirasakan oleh penderita asam urat antara lain sebagai berikut:
  • Sendi yang diserang yaitu sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku, dengkul dan juga pergelangan tangan.
  • Saat pagi hari bangun tidur dan juga malam hari sebelum tidur sendi akan terasa nyeri.
  • Sendi terasa ngilu, linu dan sering merasa kesemutan, bahkan jika parah bagian yang terkena asam urat akan memerah dan membengkak.
  • Sering kali merasakan nyeri secara berulang kali.
  • Jika asam urat sudah parah maka persendian akan terasa sakit yang tidak tertahankan saat akan digerakkan.
Penyakit asam urat memang banyak diderita oleh orang yang berumur 30 tahun keatas, walaupun tidak menutup kemungkinan juga menyerang orang yang berusia dibawah 30 tahun. Dari seluruh penderita asam urat, separuh darinya mengalami masalah dengan kolesterol atau mengalami kegemukan.

Asam urat dan kolesterol merupakan sebuah penyakit yang harus dihindari. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari asam urat dan kolesterol yaitu dengan cara mengubah pola hidup dengan gaya hidup sehat.




Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • disehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :