Cara Mengatasi Kolesterol Dengan Buah dan Sayuran

Kolesterol merupakan salah satu zat yang dibutuhkan dalam tubuh manusia. Akan tetapi jika berlebih di dalam tubuh, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia. Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, segeralah untuk mengatasi kolesterol tersebut. Salah satu cara mengatasi kolesterol dapat dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Apa saja makanan penurun kolesterol tersebut? pembahasannya akan dibahas di bawah ini.


cara mengatasi kolesterol

                                Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco

Cara mengatasi kolesterol dengan bahan di sekitar kita

Selain menggunakan obat-obatan resep dokter, ada bahan makanan dan sayuran yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yaitu antaral lain :

1. Tomat

Cara mengatasi kolesterol yang pertama dapat dengan menggunakan tomat. Tomat selain dapat kita manfaatkan untuk perawatan kulit ternyata juga mempunyai manfaat lain yaitu dapat menurunkan kadar klesterol dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsilah buah tomat 1 gelas perhari agar anda terhindar dari berbagai penyakit serius yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi.

2. Bawang Putih

Cara mengatasi kolesterol yang berikutnya yaitu dapat menggunakan bawang putih. Bawang putih dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah lembaga riset di Amerika, American Dietetic Association menyarankan agar kita mengkonsumsi bawang putih sebanayak 600-900 mg atau sekitar 1 siung bawang putih per harinya. Karena bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida (lemak) dalam tubuh sehingga kadar kolesterol dalam tubuh menjadi stabil.

3. Teh Hijau

Dengan mengkonsumsi teh hijau merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol. Teh hijau mengandung zat yang disebut theanine atau asam amino utama, dimana zat tersebut dapat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam tubuh. Minumlah 3-4 cangkir teh hijau per hari agar proses penurunan kolesterol dalam tubuh lebih optimal.

4. Buah Alpukat

Cara mengatasi kolesterol selanjutnya yaitu degan mengkonsumsi buah alpukat. Alpukat diperkaya oleh lemak tak jenuh, dimana lemak tersebut dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

5. Makanan dan Minuman Berbahan Kedelai

Mengkonsumsi makanan dan minuman berbahan kedelai merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol. Kacang kedelai dapat dengan mudah kita temukan di indonesia terutama dalam jenis makanan seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Makanan atau minuman tersebut dapat memiliki kandungan protein yang tinggi, selain itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Makanan Berbahan Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan juga merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kedelai, kenari dan kacang tanah memiliki kandungan anti oksida dan omega 3 yang lumayan tinggi dan tentu saja baik untuk kesehatan yang salah satunya dapat menurunkan kolesterol tinggi.

7. Buah Delima

Mengkonsumsi buah delima atau yang populer dengan sebutan buah pome, merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol. Buah delima jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi penumpukan plak kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kadar oksida nitrat yang berfungsi untuk mengurangi plak dalam arteri tubuh kita.

8. Ikan Salmon

Cara mengatasi kolesterol yang berikutnya dapat dengan cara mengkonsumsi ikan salmon. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kadar HDL dalam tubuh.

9. Buah Anggur

Jenis buah penurun kolesterol yang dapat dijadikan sebagai cara mengatasi kolesterol yaitu anggur. Dengan mengkonsumsi dua gelas jus anggur per hari, akan membantu terhindar dari penyakit yang dipicu oleh kolesterol tinggi.

10. Bayam

Cara mengatasi kolesterol yang berikutnya dapat dengan mengkonsumsi bayam. Bayam merupakan sayuran yang juga dapat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh, dengan membantu meingkatkan produksi kolesterol baik (HDL) dan mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Maka dari itu, agar terhindar dari bahaya kolesterol tinggi, sebaiknya anda memasukan sayur bayam kedalam menu makan anda.




Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • inkesehatan.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :