Cara Mengurangi Kolesterol Dengan Bahan Alami

Salah satu cara mengurangi kolesterol dalam tubuh Anda dapat dengan mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi yang dapat membahayakan kesehatan dalam tubuh. di indonesia sendiri kolesterol tinggi diderita oleh cukup banyak masyarakat Indonesia. Menurut data WHO, sekitar 35% penduduk Indonesia mempunyai kolesterol yang lebih tinggi dari normal. Maka dari itu, bagi Anda yang mengalami kolesterol tinggi segeralah untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh Anda.


cara mengurangi kolesterol
                              Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco

Cara mengurangi kolesterol dengan bahan alami

Salah satu cara megurangi kolesterol dalam tubuh Anda dapat dengan mengkonsumsi makanan atau minuman di bawah ini:

1. Cara Mengurangi Kolesterol dengan Jus Lemon

Lemon memiliki kandungan limonoids yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu vitamin C pada buah lemon juga bersifat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari berbagai masalah penyakit. Maka dari itu, jus lemon dapat dikonsumsi sebagai salah satu cara mengurangi kolesterol di dalam tubuh

2. Cara Mengurangi Kolesterol dengan Buah dan Sayuran

Cara mengurangi kolesterol dapat juga dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. buah dan sayuran sangat baik bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis buah-buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah seperti apel, anggur dan apricot. Sedangkan untuk sayurannya adalah kol, bawang putih dan ubi jalar. Masukanlah buah dan sayuran tersebut ke dalam menu sehari-sehari Anda.

3. Cara Mengurangi Kolesterol dengan Teh

Teh memiliki komponen bioaktif yang teh terbukti dapat mencegah terjadinya akselerasi oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh. Maka dari itu konsumsilah teh sebagai salah satu cara mengurangi kolesterol dalam tubuh. konsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar untuk membantu mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung.

4. Cara Mengurangi Kolesterol dengan Kacang-Kacangan 

Omega 3 yang terdapat dalam kacang-kacangan banyak sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Untuk itu biasakan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai cara mengurangi kolesterol. Kacang-kacangan seperti kenari dan almond dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

5. Cara Mengurangi Kolesterol dengan Ikan dan Omega 3

Ikan yang mengandung omega 3 dapat digunakan sebagai cara mengurangi kolesterol. Ikan dan omega 3 sangat baik untuk kesehatan, dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa pengidap diabetes tipe 2 yang banyak mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 selama 9 minggu mengalami penurunan kolesterol dalam tubuh. Selain itu ahli kesehatan juga menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan kaya omega 2 sebanyak 2 takar dalam seminggu, serta diet kaya omega 3 yang dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung, mengurangi resiko pengentalan darah dan menurunkan tekanan darah.

Selain beberapa cara mengurangi kolesterol seperti diatas, yang terpenting untuk anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berolahraga secara rutin agar membantu tubuh tetap sehat dan menjalankan pola hidup sehat.

Faktor penyebab munculnya kolesterol

Selain mengetahui cara mengurangi kolesterol, terdapat dua faktor penting yang perlu Anda perhatikan yang menjadi penyebab munculnya kolesterol dalam tubuh, seperti berikut:

Faktor yang Tidak Dapat Dikontrol
  1. Keturunan. Apabila ada salah satu keluarga yang memiliki kolesterol, dapat menjadi kemungkinan anak memiliki bakat untuk mempunyai kolesterol yang tinggi, bahkan resiko adanya suatu gangguan kesehatan bisa 6 kali lebih besar menimpa anak dibandingkan orang tua.
  2. Usia. Setelah usia 20 dan seterusnya, kolesterol biasanya akan meningkat. Pada pria, kadar kolesterol akan meningkat setelah umur 50. Sedangkan untuk wanita, akan mudah naik setelah menopause.
Faktor yang Dapat Dikontrol
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan berlemak
  • Kelebihan berat badan
  • Jarang berolahraga
  • Merokok
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Diabetes mellitus
  • Mengkonsumsi kopi secara berlebihan
  • Diet yang salah
  • Obesitas
Bagi Anda yang mengalami kolesterol tinggi, sebisa mungkin kurangi dan jauhilah faktor-faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi.




Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • sitkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :