Makanan Kolesterol Tinggi

Makanan kolesterol tinggi merupakan makanan yang harus dihindari bagi anda yang kadar kolesterol dalam darahnya tinggi. Kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi yang harus dihindari. Kolesterol tinggi dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia. Jenis kolesterol yang harus dihindari yaitu kolesetrol jahat (LDL), dimana kolesterol tersebut dapat menimbulkan plak pada dinding arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan. Maka dari itu, jagalah kondisi tubuh agar terhindar dari kolesterol tinggi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh dari kadar kolesterol tinggi yaitu dengan lebih memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

 
makanan kolesterol tinggi
 Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch 


Makanan kolesterol tinggi merupakan makanan yang harus dihindari. makanan kolesterol tinggi dapat membahayakan kesehatan tubuh. berikut ini merupakan beberapa contoh makanan kolesterol tinggi antara lain:

Jenis Makanan Kolesterol Tinggi

NO
MAKANAN BERKOLESTEROL TINGGI
Kolesterol per 100 gr (mg)
1 Otak Sapi 3.100
2 Kuning Telur (sekitar 6 biji) 1.085
3 Telur Ikan 588
4 Minyak Ikan 521
5 Daging Kijang 479
6 Telur Ayam 372
7 Ginjal Domba 337
8 Hati Babi 301
9 Mentega Cair 256
10 Mentega 250
11 Kerang Tiram 206
12 Lobster 200
13 Kepiting 127
14 Udang 125
15 Keju Kuning 108

Makanan Berkolesterol Kategori Sedang

NO Makanan Berkolesterol Kolesterol per 100 gr (mg)
1 Minyak Babi 95
2 Susu Kental Manis 76
3 Daging Sapi 72
4 Ikan 70
5 Daging Babi 70
6 Daging Ayam 64
7 Puding 51
8 Es Krim 47
9 Susu Evaporated 29

Selain makanan diatas, makanan kolesterol tinggi yang lainnya yaitu jeroan. Jeroan merupakan jenis makanan kolesterol tinggi yang sebaiknya tidak dikonsumsi jika kolesterol anda tinggi. Berikut ini merupakan jenis makanan kolesterol tinggi jeroan :

No Jenis Jeroan Kolesterol per 100 gram (mg)
1 Jeroan Sapi 380
2 Jeroan Kambing 610
3 Jeroan Ayam 340
4 Jeroan Kerbau 360
5 Jeroan Kelinci 320

Jeroan paling banyak kolesterolnya diduduki oleh jeroan kambing. Jika mengkonsumsi jeroan kambing dapat mengakibatkan hipertensi, kolesterol dan asam urat.

Susu Dan Kopi yang Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Susu memang bagus untuk kesehatan. Namun jenis susu tertentu dan kopi tertentu bisa membuat kadar kolesterol tinggi dan juga mengakibatkan kegemukan. Jenis minuman yang dapat menyebabkan koletserl tinggi antara lain:

No Jenis Minuman Kadar Kolesterol
1 Susu Sapi 250
2 Susu Sapi Full Cream 280
3 Kopi Full Cream 380
4 Kopi Susu 230
5 Creamer Kopi 230

Minuman di atas merupakan minuman dengan kadar kolesterol tinggi. Ada baiknya tidak mengkonsumsi minuman tersebut. Untuk menjaga kadar kolesterol baik dan normal sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman dan makanan kolesterol tinggi.

Kurangnya penegtahuan masyarakat tentang makanan kolesterol tinggi membuat banyak masyarakat tidak menghindarinya. Hal itu mengakibatkan orang mudah untuk terserang kolesterol, begitu pula dengan orang yang sudah memiliki riwayat kolesterol sebelumnya bisa mengakibatkan kambuh. Setelah mengetahui penjelasan diatas, sebaiknya Anda kurangi mengkonsumsi makanan kolesterol tinggi yang telah disebutkan diatas.

Namun Anda bisa saja mengkonsumsi makanan kolesterol tinggi apabila Anda :
  • Berat badan ideal
  • Rajin Olahraga
  • Tidur yang cukup
  • Minum air putih minimal 8 gelas
  • Tidak memiliki risiko penyakit yang berhubungan dengan kolesterol.
Sebaliknya mengkonsumsi makanan kolesterol tinggi resiko akan meningkatan resiko jika :
  • Obesitas
  • Mengidap tekanan darah tinggi
  • Stroke
  • Jantung yang lemah
Maka dari itu, bagi Anda yang tidak ingin mengalami kolsterol tinggi, ubahlah pola makan Anda dan lakukan olahraga secara teratur. Lakukannya upaya pencegahan agar tidak mengalami kolesterol tinggi, karena bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati.




Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • halosehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :