Makanan untuk Penderita Kolesterol Yang Mudah Didapat

Makanan untuk penderita kolesterol bisa berupa buah, sayur dan biji-bijian yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, segaralah lakukan upaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yaitu dengan mengatur pola makan Anda, perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, konsumsilah makanan sehat yang dapat membantu menurunkan kadar koleterol dalam darah.


makanan untuk
 Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco

Jenis Makanan untuk Penderita Kolesterol

Makanan untuk penderita kolesterol antara lain sebagai berikut:

1. Jeruk

Makanan untuk penderita kolesterol yang pertama yaitu buah Jeruk. Makanan untuk penderita kolesterol ini diperkaya dengan zat sterol dimana zat tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 10 persen. Berdasarkan studi klinis menunjukkan bahwa Jus jeruk dapat meningkatkan HDL, atau kolesterol baik.

2. Jeruk nipis

Makanan untuk penderita kolesterol selanjutnya yaitu jeruk nipis. Buah tersebut mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL, sehingga otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain pada jeruk nipis, flavonoid juga banyak ditemui pada teh, tomat, brokoli, kedelai, delima, serta bawang merah dan bombay.

3. Kacang Almond

Kacang Almond juga merupakan makanan untuk penderita kolesterol. Almond adalah kacang yang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol. Almond kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kolesterol HDL yang baik sambil menurunkan LDL (kolesterol jahat). Lemak yang terkandung dalam almond membantu membuat kolesterol LDL terurai. Almond juga mengandung vitamin E dan kalsium. Sejumlah penelitian melaporkan terjadi penurunan 10% kolesterol jahat (LDL) untuk penderita yang mengkonsumsi almond dibandingkan mereka yang tidak. Penurunan ini terjadi tanpa merugikan kadar kolesterol baik (HDL).

4. Tomat

Makanan untuk penderita kolesterol yang berikutnya yaitu tomat. Tomat mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Mangga

Buah mangga juga merupakan salah satu makanan untuk penderita kolesterol. Mangga mengandung banyak serat prebiotik yang membantu menurunkan kadar kelesterol jahat dalam darah. Selain serat, ada juga pectin dan vitamin C yang mampu mengikis kolesterol LDL. Vitamin C ini akan mencegah kolesterol LDL teroksidasi, sehingga penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa dihindari.

6. Delima

Selain Alpukat, buah delima juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk penderita kolesterol. Buah delima mengandung antioksidan berjenis polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Menurut laporan penelitian, jus buah delima dapat menghalangi atau memperlambat penumpukan kolesterol dalam arteri seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

7. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan untuk penderita kolesterol. Meskipun buah alpukat mengandung banyak lemak, yaitu sekitar 16 persen. Tetapi lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal. Mengonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kesehatan. Lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pembuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL (low density lipoprotein). Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain sesuai selera anda.




Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • rumahgreenworld.com
  • sehatsatu.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :