Obat Alami Kolesterol Dari Bahan Disekitar Kita

Jika Anda telah terlanjur mengalami kolesterol tinggi, segera lakukan upaya untuk mengobati kolesterol Anda. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengobati kolesterol yaitu dengan mengkonsumsi obat alami kolesterol. Kolesterol merupakan sebuah zat yang dibutuhkan dalam tubuh manusia. Namun, zat tersebut hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Pada umumnya terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Kolesterol jahat (LDL) merupakan jenis kolesterol yang harus diwaspadai karena kolesterol tersebut dapat menyebabkan timbulnya plak pada dinding arteri sehingga dapat menyebabkan penyumbatan.




obat alami kolesterol
                               Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch


Makanan Obat Kolesterol Alami

Dibawah ini terdapat beberapa makanan yang dapat dijadikan obat alami kolesterol antara lain:

1. Kacang Almond.

Kacang Almond dapat dijadikan sebagai obat alami kolesterol. Almond adalah kacang yang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol. Almond kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kolesterol HDL yang baik sambil menurunkan LDL (kolesterol jahat). Lemak yang terkandung dalam almond membantu membuat kolesterol LDL terurai. Almond juga mengandung vitamin E dan kalsium. Sejumlah penelitian melaporkan terjadi penurunan 10% kolesterol jahat (LDL) untuk penderita yang mengkonsumsi almond dibandingkan mereka yang tidak. Penurunan ini terjadi tanpa merugikan kadar kolesterol baik (HDL). Maka dari itu almond dapat dijadikan sebagai obat alami kolesterol. Untuk mencapai penurunan 10% kolesterol LDL Anda diwajibkan mengkonsumsi almond sekitar 73 gram per hari.

2. Alpukat.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan pitosterol. Kandungan dalam alpukat tersebut bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Maka dari itu, alpukat dapat dijadikan sebagai obat alami kolesterol. Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain sesuai selera anda.

3. Tomat.

Obat alami kolesterol yang berikutnya yaitu tomat. Tomat mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Delima.

Selain Alpukat, buah delima juga bisa dijadikan sebagai obat alami kolesterol. Buah delima mengandung antioksidan berjenis polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Menurut laporan penelitian, jus buah delima dapat menghalangi atau memperlambat penumpukan kolesterol dalam arteri seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Jus buah delima dalam kemasan umumnya aman untuk diminum. Namun anda harus memilih delima murni dan bukan yang mengandung tambahan gula.

5. Minyak Zaitun.

Selain makanan dan buah-buahan yang telah disebutkan diatas, minyak zaitun juga dapat dijadikan sebagai obat alami kolesterol. Minyak zaitun adalah nutrisi yang kaya antioksidan dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Anda bisa mencampurkan kedalam sayuran atau menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega saat mengolesi makanan dan sebagai saus untuk roti. Namun, perlu diingat minyak zaitun memiliki kandungan kalori yang tinggi, jadi jangan makan lebih dari jumlah yang disarankan.

Obat alami kolesterol yang telah dijelaskan diatas dapat Anda coba untuk konsumsi. Dengan menggunakan obat alami kolesterol, efek samping yang dapat dirasakan oleh penderita tidak akan berbahaya seperti halnya mengkonsumsi obat-obatan kimia. Selain dengan mengkonsumsi obat alami kolesterol lakukan juga olahraga yang teratur untuk mempermudah dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh.




Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • sehatsatu.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :