Obat Kolesterol Alami Dari Bahan Disekitar Kita

Penyakit kolesterol merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh, apabila kadar kolesterol dalam darah dinyatakan tinggi, maka harus diturunkan. Karena kolesterol tinggi bisa menimbulkan berbagai penyakit berat seperti serangan jantung, jantung koroner, stroke dan lain-lain. Selain menggunakan obat resep dokter ada pula obat kolesterol alami yang ada di sekitar kita, mudah didapat dan harganya murah. Disamping itu memiliki efek samping yang relatif lebih aman dibandingkan obat resep dokter.


Obat Kolesterol Alami
Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco

Obat kolesterol alami

Berikut merupakan obat kolesterol alami diantaranya :

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan obat kolesterol alami, manurut menurut beberapa penelitian, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol total oleh beberapa persen, tetapi hanya dalam jangka pendek.

2. Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan merupakan obat kolesterol alami karena menurut FDA, makan segenggam (1,5 ons) kacang setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut, pecan, dan pistachio dapat mengurangi kolesterol.

3. Kedelai

Kedelai merupakan obat kolesterol alami karena telah terbukti untuk mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Konsumsilah maknanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, yogurt kedelai, edamame, kacang kedelai, dan lainya.

4. Makanan asam lemak omega-3

Makanan omega 3 merupakan obat kolesterol alami, asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan trigliserida mnlebih rendah. Asam lemak omega-3 menurunkan tingkat di mana hati memproduksi trigliserida.

Obat Kolesterol Alami dalam Makanan

Obat kolesterol alami bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari, diantaranya:
  • Obat kolesterol alami bisa ditemukan dalam gandum dan berbagai jenis serelia dengan kulit ari yang masih utuh.
  • Menggunakan minyak yang berasal dari tanaman seperti minyak kanola, bunga matahari, dan minyak zaitun.
  • Obat kolesterol alami bisa ditemukan dalam ikan. Sekitar 2-3 porsi ikan per minggu dapat menurunkan kadar LDL dengan dua cara, yaitu sebagai pengganti daging dan sumber lemak omega-3 sebagai penekan LDL.
  • Kacang-kacangan seperti kacang merah, walnut dan almon bisa menjadi obat alami kolesterol tinggi.
  • Konsumsi buah apel, anggur, stroberi, dan jeruk yang kaya kandungan pectin, sebagai serat larut yang menekan LDL. Terong juga mengandung serat larut tinggi. Anda juga bisa mengonsumsi avokad yang tinggi kandungan lemak tidak jenuhnya.
  • Mengonsumsi kedelai dan produk olahan dari kedelai, seperti tempe, tahu dan susu kedelai, juga bisa sebagai obat kolesterol tinggi alami.

Buah sebagai Obat Kolesterol Alami

Berikut merupakan tips menurunkan kolesterol tinggi, dengan buah diantaranya:

1. Tomat

Obat kolestero alami bisa ditemukan dalam buah tomat karena mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Likopen juga dapat ditemui di buah jambu, pepaya dan semangka.

2. Buah delima

Buah delima bisa menjadi obat kolesterol alami karena mengandung antioksidan berjenis polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Menurut sebuah penelitian, jus buah delima dapat menghalangi atau memperlambat penumpukan kolesterol dalam arteri seseorang yang berisiko tinggi penyakit jantung. Jus buah delima dalam kemasan umumnya aman untuk diminum. Namun pilihlah delima murni dan bukan mengandung tambahan gula.

3. Alpukat

Alpukat meryupakan buah yang memiliki lemak tak jenuh dan pitosterol. Kandungan tersebutlah bisa menjadi bat kolesterol alami. Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain yang sesuai selera anda.

4. Jus jeruk

Konsumsilah dua gelas jus jeruk setiap pagi. Jus jeruk juga mengandung jumlah tinggi vitamin C, folat, dan potasium. Nutrisi ini mencegah oksidasi LDL, konsentrasi homosistein plasma yang lebih rendah dan berkontribusi terhadap tekanan darah lebih rendah. Menambahkan jus jeruk untuk program diet juga bermanfaat bagi jantung.



Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • alodokter.com
  • webdm.com
  • satusehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :