Obat Kolesterol dan Asam Urat Tradisional

Obat kolesterol dan asam urat selain menggunakan resep dokter ada pula yang berasal dari bahan di sekitar ini, disebut obat tradisional. Kolesterol tinggi dan asam urat merupakan sebuah penyakit yang dapat membahayakan kesehatan. Kolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid. Produsen utama zat ini adalah hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. Kadar lipid yang terlalu tinggi, disebut dengan hiperlipidemia, dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Meski kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apa pun, tapi tetap bisa membahayakan kesehatan.


obat kolesterol

Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco


Protein mengandung dan membawa masuk kolesterol ke dalam darah. Kombinasi dua zat ini disebut lipoprotein. Liporotein dibagi menjadi dua, yaitu lipoprotein pelindung atau kolesterol baik (HDL) dan lipoprotein berbahaya atau kolesterol jahat (LDL).

HDL atau lipoprotein dengan kepadatan tinggi disebut kolesterol baik karena HDL mengangkut kolesterol dari sel-sel dan kembali ke hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

Sedangkan LDL atau lipoprotein dengan kepadatan rendah adalah kebalikan dari HDL. LDL mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Jika jumlah kolesterol tersebut melebihi yang dibutuhkan, maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit. LDL dikenal sebagai kolesterol jahat.

Sedangkan asam urat adalah sebuah penyakit sejenis radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi.

Obat kolesterol dan asam urat tradisional

Obat kolesterol dan asam urat yang akan dibahas pada pembahasan ini yaitu obat kolesterol dan asam urat yang tradisional. Dengan menggunakan obat kolesterol dan asam urat tradisional akan lebih aman digunakan dan jauh dari efek samping yang berbahaya.

Salah satu obat kolesterol dan asam urat adalah daun salam. Obat kolesterol dan asam urat ini memang terkenal sebagai bumbu penyedap masakan. Namun, daun salam ternyata juga bisa digunakan sebagai obat kolesterol dan asam urat. Daun salam juga bisa untuk melancarkan peredaran darah, diare, radang lambung, gatal-gatal, dan masin banyak lagi lainnya. Tumbuhan ini mengandung minyak atsiri, flavonoida, dan tannin. Daun, akar, buah, dan kulit batangnya digunakan sebagai obat.

Terdapat beberapa obat kolesterol dan asam urat yang dapat digunakan. Seperti misalnya untuk kolesterol bisa menggunakan bahan alami seperti buah mengkudu, bawang putih, daun salam, bawang Bombay, kunyit, temulawak, jamur kuping hitam, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika menggunakan temulawak, caranya adalah siapkan temulawak sebanyak 30 gram yang sudah dikupas dan diiris tipis, direbus dengan air sebanyak 600 cc dan dicampur dengan daun dewa sebanyak 15 gram yang sudah dicuci bersih. Lalu rebus hingga tersisa 200 cc. Saring, dan minum airnya.

Resep obat kolesterol dan asam urat lainnya yaitu siapkan 10 helai daun salam. Rebus dengan air sebanyak 700 cc hingga mendidih dan tersisia air 200 cc. Lalu minum airnya selagi hangat.

Selain dengan menggunakan daun salam, obat kolesterol dan asam urat lainnya yaitu dengan cuka sari apel. Obat kolesterol dan asam urat ini memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar asam urat. Namun pilihlah obat kolesterol dan asam urat cuka sari apel yang mentah tanpa aditif.

Selain mengkonsumsi obat kolesterol dan asam urat diatas, perbanyak pula mengkonsumsi buah ceri, blueberry, dan juga strawberry. Dengan mengkonsumsi buah-buah tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi asam urat yang Anda derita.



Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • sehatcenter.com
  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :