Obat Kolesterol Tinggi Dengan Resep Dokter

Obat kolesterol tinggi statin bermanfaat sebagai penurun kadar kolesterol dengan cara memblokir enzim dalam hati yang bertugas memproduksi kolesterol. Obat kolesterol tinggi statin ini jika diresepkan oleh dokter, biasanya pasien tersebut akan mengonsumsi statin untuk seumur hidup. Sebab jika obat kolesterol tinggi dan statin tidak diberikan, maka kadar kolesterol orang tersebut bisa kembali naik dan bisa meningkatkan risiko penyakit lain yang terkait seperti serangan jantung.

Beberapa obat kolesterol tinggi jenis statin antara lain adalah simvastatin, atorvastatin, atorvastatin (Lipitor), dan rosuvastatin (Crestor). Tetapi terkadang adapula orang yang intoleran terhadap obat kolesterol tinggi statin ini. Orang yang intoleran tersebut mengalami efek samping saat mengonsumsinya berupa masalah pada perut dan nyeri otot.


obat kolesterol tinggi
Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco


Obat Kolesterol Tinggi Aspirin

Selain dengan obat kolesterol tinggi yang diresepkan oleh dokter, obat kolesterol tinggi aspirin dengan dosis harian yang rendah mungkin akan diresepkan oleh dokter. Namun pemberian obat kolesterol tinggi ini harus mempertimbangkan umur dan faktor lainnya. Biasanya seseorang yang masih dibawah 16 tahun tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat kolesterol tinggi aspirin ini. Dosis rendah aspirin juga bisa mencegah terbentuknya gumpalan darah.

Obat Kolesterol Tinggi Niacin


Obat kolesterol tinggi niacin biasanya diberikan pada mereka yang memiliki kadar trigiserida tinggi. Niacin adalah vitamin B yang dapat ditemukan pada makanan maupun suplemen multivitamin. Dalam dosis tinggi yang diberikan lewat resep, niacin mampu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Namun penggunaan dosis tinggi obat kolesterol niacin bisa memunculkan efek samping berupa kulit menjadi kemerahan. Efek samping ini juga bisa dikurangi dengan menghindari konsumsi makanan pedas.

Obat kolesterol tinggi Niacin biasanya tidak akan diberikan pada mereka yang sedang mengalami sakit perut, sakit maag, gangguan pencernaan, atau mereka yang berisiko mengalami kondisi-kondisi tersebut. Pengguna obat kolesterol niacin biasanya akan disarankan melakukan tes darah secara berkala untuk memastikan organ hati mereka berfungsi dengan baik.

Langkah-langkah Mencegah Kolesterol Tinggi Tanpa Obat

Terdapat istilah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati, hal tersebut memang benar. Daripada harus mengobati lebih baik mencegah. Hal tersebut juga berlaku bagi penyakit kolesterol, karena dengan mencegah maka akan terhindar dari resiko-resiko penyakit berbahaya yang disebabkan kolesterol tinggi . Berikut merupakan langkah-langkah mencegah kolesterol tinggi, diantaranya:

1. Mengetahui kadar kolesterol

Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolesterol total Anda di bawah 200 mg/dl, dengan kadar LDL (kolesterol jahat) di bawah angka 130, dan HDL (kolesterol baik) berada di atas angka 40.

2. Menjaga berat badan ideal

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berat badan yang berlebih dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak.

3. Aktivitas fisik rutin

Olahraga secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Pastikan bahwa berolah raga selama 30 menit dalam sehari dan lima hari dalam seminggu.

4. Kenali lemak baik

Makanan yang memiliki lemak jenuh merupakan makanan yang harus dihindari apabila kolesterol sudah dinyatakan tinggi. Sebaiknya konsumsilah jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang, avokad, minyak zaitun dan kanola, serta kacang-kacangan. Penelitian membuktikan bahwa jenis lemak tersebut membantu menurunkan kadar LDL dan Trigliserida dalam darah, serta meningkatkan HDL.

5. Konsumsi multivitamin

Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh, konsumsilah multivitamin atau suplemen makanan untuk mencukupi kebutuhan dasar nutrisi dan menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya pilihlah vitamin yang mengandung asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12. Alasannya, ketiganya bermanfaat penting dalam menjaga kesehatan jantung.

6. Pola makan baik

Tingkat kolesterol dapat diturunkan dengan mengikuti pola makan yang sehat dan benar. Kurangilah konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan minyak seperti goreng-gorengan, jeroan, bebek, kulit, sosis, hamburger, kepiting, udang, cumi, margarin, mentega, kuning telur, susu berlemak dan keju.  




Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • alodokter.com
  • halosehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :