Obat Kolesterol Tradisional Dari Tanaman di Sekitar Kita

Apabila Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, segeralah untuk melakukan upaya untuk mengobatinya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi yaitu dengan menggunakan obat kolesterol tradisional. Kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. tingginya kadar kolesetrol dapat menyebabkan terjadinya penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol dibagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol yang dapat membahayakan yaitu kolesterol jahat (LDL) dimana kolesterol tersebut dapat menyebabkan timbulnya plak pada dinding arteri yang dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada didnding arteri.


obat kolesterol

                               Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch

Obat Kolesterol Tradisional dari Tanaman

Obat kolesterol tradisional yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut:

1. Akar manis

Obat kolesterol tradisional yang pertama yaitu akar manis. Tanaman yang memiliki nama asing licorice ini mengandung sejumlah zat seperti triterpenoid, flavanoid, asam ferulic, asam sinapic, biotin, asam amino dan beta-sitoserol. Untuk membuat obat kolesterol tradisional dari akar manis caranya yaitu sebagai berikut:
  • Bahan : 10 gram akar manis
  • Cara Pembuatan : Akar manis direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring, lalu dibagi menjadi 2 kali minum, pagi dan malam hari.
Perlu diperhatikan, jangan menggunakan akar manis dalam dosis besar jangka panjang. Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa pemakaian akar manis dengan dosis 30-40 gram per hari selama 9 bulan dapat menyebabkan kelemahan otot, hipertensi, edema dan kekurangan kalium.

2. Sambiloto

Selain dengan menggunakan akar manis, obat kolesterol tradisional berikutnya daat juga menggunakan sambiloto. Cara pembuatannya antara lain sebagai berikut:
  • Bahan : 20 gram herbal sambiloto kering
  • Cara Pemakaian : Direbus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

3. Kunyit

Kunyit dapat juga dijadikan sebagai obat kolesterol tradisional. Kunyit dengan nama latin Curcumae domesticae rhizoma, berkhasiat juga melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus. Untuk pembuatan obat kolesterol tradisional tersebut sebagai berikut:
  • Bahan : 10 gram rimpang kunyit segar
  • Cara Pemakaian : Rimpang kunyit dibersihkan, lalu diiris tipis-tipis. Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.

4. Seledri

Seledri (Apii graveolentis radix) dapat dijadikan juga sebagai obat kolesterol tradisional. Pada akar seledri terdapat kandungan asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri. Khasiatnya memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing. Cara pembuatan obat kolesterol tradisional tersebut sebagai berikut:
  • Bahan : 30 gram akar seledri segar.
  • Cara Pemakaian : Akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring lalu minum sekaligus.

5. Temulawak

Temulawak atau Curcumae rhizoma dapat juga dijadikan sebagai obat kolesterol tradisional. Tanaman ini mempunyai aktivitas kolagoga (memperlancar pengeluaran empedu ke usus). Untuk membuat ramuan obat kolesterol tradisional tersebut sebagai berikut:
  • Bahan : 3 jari rimpang temulawak segar.
  • Cara Pemakaian : Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum. Lakukan setiap hari.



Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • health.kompas.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :