Pantangan Kolesterol

Pantangan kolesterol merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh pasien penderita kolesterol tinggi. Pantangan kolesterol ini biasanya berupa makanan dan minuman yang mengandung kolesterol yang sebaiknya dihindari oleh pasien penderitakolesterol tinggi. Seseorang terkena kolesterol tinggi seringkali disebabkan karena asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Agar kolesterol tinggi bisa ditekan maka hindari minuman dan makanan pantangan kolesterol tinggi. Makanan dan minuman yang memiliki kolesaterol tinggi dapat mengakibatkan naiknyakadar kolesterol di dalam tubuh sampai akhirnya dapat menimbulkan terjadinya komplikasi penyakit lain.


pantangan kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Easy Touch

Makanan Pantangan Kolesterol

Berikut terdapat beberapa makanan pantangan kolesterol yang wajib untuk dihindari bagi penderita kolesterol tinggi. Makanan tersebut diantaranya ialah :
  1. Daging unggas. Daging unggas merupakan makanan pantangan kolesterol tinggi, namun tidak sepenuhnya bagian daging unggas dapat menyebabakan kolesterol tinggi. Makanan pantangan kolesterol tinggi yang tergolong daging unggasdiantaranya ialah daging ayam dengan kulit memiliki kadar kolesterol sebanyak 160 mg/10 gram dan daging bebek dengan kulit memiliki kadar LDL sebanyak 165 mg/10 gram.
  2. Daging ternak/ daging merah. Makanan pantangan kolesterol yang memiliki cita rasa yang lezat, namun berpengaruh besar terhadap peningkatan kolesterol ialah daging ternak atau daging merah. Untuk itu daging merah menjadi pantangan kolesterol tinggi dan harus dihindari.
  3. Makanan olahan daging. Makanan olahan daging merupakan pantangan kolesterol tinggi, karena mengandung lemak daging. Makanan olahan daging diantaranya sosis daging sapi dan sosis ayam.
  4. Belut. Belut merupakan makanan pantangan kolesterol tinggi, karena belut memiliki kandungan kolesterol tinggi. Dalam 10 gramnya saja kadar LDL di dalam belut sebesar 185 mg/ 10 gram. Sekali mengkonsumsi 10 gram belut, kadar LDL di dalam tubuh langsung tinggi.
  5. Makanan laut. Makanan laut atau seafood merupakan makanan pantangan kolesterol tinggi, karena dalam 10 gram seafood memiliki kadar LDL yang tinggi. Apabila ingin mengkonsumsi seafood, maksimal 10 gram dan dengan intensitas yang jarang. Namun terdapat beberpa jenis seafood yang perlu dihindari yaitu udang, siput, kerang dan sebagainya. Santan atau minyak kelapa. Berbagai olahan kelapa berupa santan dan juga minyak kelapa merupakan makanan pantangan kolesterol tinggi. Santan atau minyak kelapa memiliki kandungan kolesterol sebanyak 185 mg.
  6. Berbagai mancam susu. Susu termasuk ke dalam minuman yang bergizi namun beberapa susu menjadi minuman pantangan kolesterol tinggi, seperti susu sapi terutama susu sapi yang dilengkapi dengan cream.
  7. Kopi. Jenis kopi hitam sebenarnya tidak masalah untuk dikonsumsi, namun apabila telah dicampurkan dengan krimer dan susu, akan membuat lemak tinggi.

Aktivitas Pantangan Kolesterol Tinggi

Melakukan aktivitas fisik merupakan hal baik untuk kesehatan tubuh, namun apabila sudah terkena kolesterol tinggi, aktivitas berat menjadi pantangan kolesterol tinggi, karena bisa membahayakan jiwa. Berikut merupakan akibat dari aktivitas berat yang menjadi pantangan kolesterol tinggi, diantaranya:
  1. Membuat jantung kerja berat. Aktivitas yang berat seperti berolah raga berat dapat membuat kerja jantung menjadi berat, terutama pada penderita kolesterol. Karena pada penderita kolesterol mengalami penumpukan plak yang banyak di dalam tubuhnya. Akibatnya saat sedang olahraga, penderita kolesterol bisa terkena serangan jantung secara tiba-tiba.
  2. Pembuluh darah pecah. Saat berolahraga berat bisa saja pmebuluh darah menjadi pecah karena saat olahraga plak akan terlepas dari pembuluh darah, plak yang terlepas akan terbawa dalam aliran darah. Plak dalam pembuluh darah dapat membuat penyumbatan dan pada akhirnya pecah. Apabila hal ini terjadi maka diperlukan penanganan yang tepat agar tidak berakibat fatal.
  3. Stroke secara tiba-tiba. Banyak peristiwa yang menunjukkan seseorang mengalami stroke pada saat berolahraga. Hal ini dapat terjadi karena orang tersebut telah memiliki kolesterol tinggi, kemudian dia berolahraga berat. Akibatnya terjadi pemecahan pembuluh darah, terutama pembuluh darah di otak yang mambuatnya menjadi stroke.



Oleh : Bidan Sulistia

Sumber:
  • halosehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :