Penurun Kolesterol Berupa Makanan Sehari-Hari

Salah satu cara untuk menurunkan kadar koleterol dalam tubuh yaitu mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi yang dapat mebahayakan kesehatan. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit dan berbagai macam komplikasi. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi segeralah lakukan upaya untuk menurunkan kadar kolesetrol.

                    Informasi harga dan pembelian alat cek kolesterol klik disini

penurun kolesterol

                               Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Makanan penurun koleterol tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Gandum.

Makanan penurun koleterol yang pertama yaitu gandum. Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa ditemukan dalam roti yang terbuat dari bahan gandum.

2. Beras Merah.

Makanan penurun kolesetrol yang selanjutnya yaitu beras merah. Beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.

3. Buncis.

Selain kedua makanan diatas, Buncis juga merupakan makanan penurun kolesterol yang dapat dikonsumsi. Buncis adalah sayuran rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes atau resistensi insulin.

4. Bayam.

Makanan penurun kolesterol berikutnya yaitu bayam. Bayam mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat juice.

5. Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan sebagai penurun kolesterol. Kacang panjang mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacangan (seperti kacang Mede, kacang Walnut, kacang Hazelnut) kaya Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung. Konsumsi jenis kacang-kacangan secara teratur akan menurunkan kadar kolestrol.

6. Kedelai.

Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang dapat dikonsumsi. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang.

7. Biji Bunga Matahari.

Biji bunga matahari termasuk makanan penurun kolesterol karena mengandung sterol yang akan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengetahui biji bunga matahari dibuat makanan camilan dalam bentuk “kwaci”.

8. Ikan Salmon.

Ikan Salmon dapat dijadikan sebagai penurun kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, juga mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan Jantung. Agar kolesterol tidak meningkat hindari memasak dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak.

9. Bawang Putih.

Bawang putih berefek positif terhadap kesehatan jantung serta dapat dijadikan sebaga penurun kolestrol tinggi. Konsumsi bawang putih bisa melalui campuran dalam salad atau rempah dalam menu makanan.

10. Ikan Omega 3.

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, trout, makarel, tuna dan salmon dapat dijadikan sebagai penurun kolesterol jahat. Omega 3 baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak karena serangan jantung.

Makanan diatas dapat Anda coba untuk dijadikan sebagai penurun kolesterol. Selain dengan mengkonsumsi makanan diatas, lakukan juga olahraga secara teratur untuk mempermudah penurunan kolesterol.




Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • halosehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :