Penyakit Kolesterol (Gejala dan Cara Menghindarinya)

Penyakit kolesterol merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Penyakit kolesterol diakibatkan karena kadar kolesterol tinggi yang terdapat dalam tubuh. Kolesterol sebenarnya merupakan sebuah zat yang dibutuhkan dalam tubuh, akan tetapi hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Penyakit kolesterol disebabkan karena terdapatnya kadar kolesterol jahat atau LDL dimana kolesterol jahat tersebut menyebabkan timbulnya plak pada dinding arteri sehingga dapat menyebabkan penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Dalam tubuh manusia kolesterol tersebar dalam bagian-bagian tubuh tertentu seperti kulit otot, saraf, otak dan juga jantung. Pada keadaan yang normal seseorang mempunyai kadar kolesterol 160-200 mg dan dapat dikatakan dalam fase yang berbahaya apabila melebihi 240 mg yang dapat mengakibatkan stroke. Kategori kadar kolesterol yaitu sebagai berikut:
  • < 200 mg/dl = ideal/normal
  • 200-239 mg/dl = ambang batas resiko tinggi
  • 240 > = risiko tinggi
                Informasi harga dan pembelian alat cek kolesterol klik disini


penyakit kolesterol
 Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco

Gejala Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol harus diwaspadai, maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal terjadinya penyakit ini. Gejala penyakit kolesterol tinggi yang nampak adalah adanya benjolan berwarna merah atau yang biasa disebut xanthomas. Pada beberapa orang ada juga yang merasakan kesemutan, rasa sakit pada sendi, pusing atau migrain yang sering kambuh. Namun bagaimanapun juga ternyata kolesterol tidak menimbulkan gejala yang spesifik pada kebanyakan kasus.

Cara Menghindari Penyakit Kolesterol

Untuk menghindari terjadinya penyakit kolesterol dapat dengan cara menerapkan pola hidup sehat karena yang menjadi penyebab kolesterol tinggi adalah makanan dan sumber kolesterol tersebut dapat ditemukan pada daging, susu dan telur.

Meskipun kolesterol dibutuhkan tubuh tetapi organ hati dalam tubuh telah menghasilkan 80% kolesterol sehingga tanpa adanya kolesterol tambahan dari luar tubuh pun kebutuhannya sudah terpenuhi.

Lakukanlah pemeriksaan kadar kolesterol secara teratur agar kadar kolesterol dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Kolesterol tinggi yang tidak terkontrol sangatlah berbahaya karena dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, stoke bahkan serangan jantung.

Apabila Anda telah melakukan pemeriksaan dan mendapatkan hasil bahwa kadar kolesterol yang Anda miliki tergolong tinggi, segeralah lakukan upaya untuk menurunkankannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh antara lain sebagai berikut:
  • Mengkonsumsi sayur-sayuran namun jangan dimasak dengan santan, untuk alternatif bisa dijadikan lalapan.
  • Jika ingin minum susu, Minumlah susu sapi tanpa lemak.
  • Jika ingin mengkonsumsi telur cukup konsumsi putih telurnya saja tanpa kuning telur.
Beberapa makanan yang harus dihindari apabila seseorang mengalami kolesterol tinggi, diantaranya :
  1. Goreng-gorengan, mentega.
  2. Gajih sapi, gajih kambing, dan daging sapi berlemak.
  3. Susu lemak tinggi, sosis atau keju.
  4. Kepiting, kerang, udang, belut, siput memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
Makanan yang dilarang untuk dimakan karena mengandung kolesterol yang sangat tinggi, sebagai berikut :
  • Telur Puyuh
  • Kuning telur
  • Cumi-cumi
  • Otak sapi
Selain pola makan yang lebih diatur, agar lebih mudah dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh lakukan juga olahraga secara teratur. Berolahragalah secara teratur, selain dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, olahraga juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya obesitas.



Oleh: Bidan Sulistia

Sumber:
  • hariansehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :