Apa Itu Kolesterol ?

Apa itu kolesterol ? hal ini menjadi pertanyaan yang akan mengungkap arti dari kolesterol itu sendiri. Apa itu kolesterol ? mengandung makna bahwa arti dari kolesterol merupakan suatu subtansi lemak yang diperlukan oleh tubuh dalam menjalankan fungsi tubuh tertentu. Di dalam tubuh kolesterol memiliki banyak fungsi diantaranya ialah sebagai sumber energi tubuh, pembantu dalam produksi hormon dan lain sebagainya. Apa itu kolesterol ? mengandung makna dalam menanyakan arti dan fungsi dari kolesterol. Selain pengertian yang telah dijelaskan diatas, kolesterol mengandung arti sebagai suatu zat lemak atau yang dikenal sebagai lipid.

Kolesterol itu sendiri di dapat dari sumber makanan yang kita makan sehari-hari. Makanan tersebut diantaranya ialah udang, dan lain sebagainya. Kolesterol pada umumnya terdiri dari 2 jenis diantaranya ialah kolesterol baik atau yang biasa disebut dengan HDL dan kolesterol jahat atau yang sering disebut dengan LDL. Dengan mengetahui jenis-jenis dari kolesterol diharapkan dapat setidaknya sedikit mengetahui tentang apa itu kolesterol.


Apa Itu Kolesterol

 Alat cek kolesterol multifungsi  merk Easy Touch

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Kolesterol


Mari kita mengenal lebih jauh apa itu kolesterol. Kolesterol merupakan substansi lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh. kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh hanya berjumlah sedikit, namun apabila kolesterol dalam tubuh tersedia dalam jumlah yang banyak, maka akan menyebabkan suatu penyakit yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu penyakit yang dapat timbul sebagai akibat dari kadar kolesterol yang tinggi ialah penyakit jantung. = Seperti yang kita ketahui sebelumnya tentang apa itu kolesterol, kita dapat menjawab sebagai zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Kolesterol itu sendiri teridi dari LDL dan HDL. Di dalam tubuh kolesterol masuk ke dalam pembuluh darah melalui darah dan berkombinasi dengan protein sehingga disebut dengan lipoprotein. HDL atau kolesterol baik memiliki kepadatan tinggi dan mengangkut kolesterol dari sel-sel kembali ke organ hati. Di dalam organ hati tersebut, kolesterol akan dihancurkan dan dibuang bersamaan dengan kotoran. Sedangkan LDL memiliki kepadatan rendah dan mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkan kolesterol. Apabila kolesterol tersebut berlebih, maka kolesterol yang berlebih tersebut akan mengendap pada dinding pembuluh darah dan membentuk plak. Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut maka plak dapat menyumbat aliran pembuluh darah terutama pembuluh darah arteri koroner yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Hal yang dikemukakan diatas dapat menjawab apa itu kolesterol yang berhubungan dengan proses pembentukan plak pada pembuluh darah. Selain itu juga dapat menjawab tentang apa itu kolesterol yang berhubungan dengan fungsi dan klasifikasi dari kolesterol itu sendiri. Apa itu kolesterol? Sebagai suatu substansi lemak tentu dapat berguna bagi tubuh asalkan diproduksi dalam jumlah sedikit. Apabila diproduksi dalam jumlah banyak maka dapat menimbulkan penyumbatan dari pembuluh darah arteri. Penyumbatan yang terjadi tersebut dapat menghambat aliran darah ke otak dan bagian tubuh lainnya pun juga dapat terhambat. Apabila aliran darah ke otak terhambat maka dapat menyebabkan terjadinya stroke. Hal ini dapat menjawab apa itu kolesterol yang berkaitan dengan dampak dari kolesterol yang tinggi.

Apa itu kolesterol ? menjadi pertanyaan yang dapat mengungkap tentang segala sesuatu mengenai kolesterol. Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh selain dapat menyebabkan stroke juga dapat menyebabkan rasa sakit pada dada depan saat melakukan aktifitas. Hal ini menandakan bahwa kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung karena salah satu tanda penyakit jantung ialah rasa nyeri pada bagian dada.


Oleh : Bidan Sulis
Sumber :
  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :