Bahaya Kolesterol

Bahaya kolesterol dapat dicegah sedini mungkin setelah diketahui bahwa kadar kolesterol di dalam tubuh tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tumbuh dapat memicu beberapa penyakit yang berkaitan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Penyakit-penyakit tersebut diantaranya ialah penyakit jantung dan lain sebagainya. Kolesterol tinggi ini juga dapat merusak fungsi dari organ seperti organ jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa organ jantung merupakan organ vital bagi tubuh. Apabila organ ini terganggu atau tidak berfungsi dengan baik maka dapat berpengaruh kepada fungsi atau kinerja dari organ lainnya.

Bahaya kolesterol yang timbul bila terdapat keadaan dimana kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh ialah arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri khusunya arteri koroner yang merupakan pembuluh darah yang mensuplai darah dan oksigen ke organ jantung. Bahaya kolesterol seperti arteriosklerosis terjadi pada mulanya sebagai akibat dari adanya penumpukkan plak di dalam pembuluh darah. Dengan adanya plak tersebut, maka dapat membuat pembuluh darah mengeras. Selain dapat mengakibatkan pembuluh darah mengeras atau arteriosklerosis, juga dapat membuat tekanan darah meningkat sehingga memicu untuk terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.


Bahaya Kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Mencegah Bahaya Kolesterol

Bahaya kolesterol yang lainnya sebenarnya masih dapat dicegah apabila kadar kolesterol di dalam tubuh kita jaga dengan sebaik mungkin. Salah satu cara dalam mencegah bahaya kolesterol tersebut diantaranya ialah dengan melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat di awali dengan mengatur pola makanan. Pola makanan merupakan salah satu faktor resiko dalam meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan bahaya kolesterol.

Pola makan yang mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi sebaiknya kita hindari. Berbagai makanan yang mengandung kolesterol tinggi mudah di temui dalam keseharian kita sehari-hari. Salah satu makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi ialah udang. Udang merupakan makanan yang lezat, disamping rasanya yang lezat tersebut tersimpan suatu bahaya akan kadar kolesterol yang tinggi apabila dikonsumsi secara berlebihan. Apabila dikonsumsi secara berlebihan maka udang dapat membuat bahaya kolesterol.

Bahaya kolesterol dicegah melalui pengaturan pola makan dan jenis makanannya. Makanan yang dipilih untuk mencegah bahaya kolesterol yaitu dengan memilih makanan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari yaitu makanan yang mengandung rendah kolesterol. Makanan yang mengandung rendah kolesterol ini apabila dikonsumsi maka dapat mencegah bahaya kolesterol.

Makanan yang mengandung rendah kolesterol dan dapat mencegah bahaya kolesterol salah satu contohnya ialah makanan yang terbuat dari tumbuhan seperti sayuran dan buah-buahan. Sebaiknya dalam menu sehari-hari diperbanyak makanan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Sekali-kali kita boleh saja mengkonsumsi daging-dagingan. Namun dalam mengkonsumsi daging-dagingan ini perlu dibatasi jumlahnya. Terutama untuk daging-dagingan yang mengandung banyak kolesterol seperti daging yang berwarna merah. Dengan membatasi konsumsi daging-dagingan yang berwarna merah inilah dapat mencegah bahaya kolesterol.

Memang pada umumnya sebagain besar bahaya kolesterol dapat timbul sebagai akibat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Namun tidak semua makanan mengandung kadar kolesterol yang tinggi dan berpotensi untuk menimbulkan bahaya kolesterol. Daging merah seperti daging kambing memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Untuk itu dalam mengkonsumsi daging kambing perlu dibatasi jumlahnya. Selain itu mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan dapat berpotensi terhadap timbulnya bahaya kolesterol yang berujug kepada serangan jantung atau penyakit akibat kadar kolesterol tinggi lainnya.



Oleh :Bidan Sulis

Sumber :

  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :