Buah Obat Kolesterol

Buah obat kolesterol merupakan serangkaian daftar dari buah-buahan yang dapat dijadikan untuk mengobati penyakit kolesterol. Buah obat kolesterol tersebut telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesteroltinggi apabila dimakan sesuai dengan anjuran. Beberapa buah obat kolesterol yang dimaksud diantaranya ialah buah berry, buah anggur, buah alpukat, dan lain sebagainya. Buah obat kolesterol yang disarankan tersebut merupakan buah yang mudah di dapatkan. Cara mengkonsumsi buah tersebut dapat dimakan langsung atau dijadikan olahan lain terlebih dahulu seperti jus dan lain sebagainya.

Buah obat kolesterol dapat dijadikan sebagai obat alternatif disamping dengan menggunakan obat farmakologi. Bauah obat kolesterol dapat digunakan bersamaan dengan obat kimia, tentunya dengan mengkonsulkan terlebih dahulu pada dokter mengenai ada tidaknya interaksi obat dengan buah yang akan dikonsumsi. Apabila tidak terdapat interaksi antara bauah dengan obat yang dikonsumsi maka buah tersebut dapat dikonsumsi dengan teratur. Namun, pada umumnya buah obat kolesterol ini tidak memberikan efek samping bila digunakan bersamaan dengan obat penurun kolesterol yang berbahan dasar dari kimia.


buah obat kolesterol
 Alat cek kolesterol multifungsi  merk Easy Touch

Macam-macam Buah Obat Kolesterol


Bagi penderita kolesterol tinggi, maka buah obat kolesterol dapat menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan kadar kolesterolnya. Berikut terdapat beberapa buah obat kolesterol yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol, diantaranya :
  • Buah berry 
Buah berry dapat dijadikan sebagai buah obat kolesterol. Buah berry ataupun buah yang berasal dari anggota keluarga berry seperti strawberry dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan kolesterol total. Dalam suatu penelitian yang dilakkan menunjukkan bahwa strawberry bubuk yang dikonsumsi setiap harinya dapat menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dalam waktu kurang lebih 4 minggu. Studi lain menunjukkan bahwa rapsberry, blueberry, strawberry, blackberry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat disimpukan bahwa buah berry atau yang berasal dari golongan berry dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan dapat dijadikan sebagai buah obat kolesterol.
  • Buah anggur 
Buah anggur dapat dijadikan sebagai buah obat kolesterol suatu penelitian menunjukkan bahwa orang yang gagal menurunkan kadar kolesterol dengan menggunakan obat-obatan malah berhasil menurunkan kadar kolesterol dengan mengkonsumsi buah anggur sebanayak satu posrsi detiap harinya. Konsumsi anggur ini dilakukan selama satu bulan. Semua jenis anggur seperti anggur putih dan anggur merah mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun pada umumnya anggur merah mampu menurunkan kadar kolesterol lebih besar dibandingkan dnegan anggur putih. Pada buah anggur memiliki sifat antioksidan yang sama dengan buah jeruk, antioksidan inilah yang mampu memberikan efek dalam menurunkan kadar kolesterolnya.
  • Buah alpukat 
Buah alpukat dapat dijadikan sebagai buah obat kolesterol. Buah obat kolesterol ini mempunyai khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol melalui kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki buah alpukat. Walaupun pada umumnya buah alpukat mengandung banyak lemak yaitu sekitar 16%, namun lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh sebesar 63%. Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang menyehatkan. Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat dapat berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki khasiat dalam menjaga pembuluh darah agar tidak rusak oleh penumpukan kolesterol LDL.
  • Buah jeruk 
Buah jeruk dapat dijadikan sebagai buah obat kolesterol. Buah obat kolesterol dari jeruk ini dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi karena di dalam jeruk terkandung zat sterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebasar 10%. Selain itu jus jeruk yang merupakan olehan dari buah jeruk juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik.


Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • rumahgreenworld.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :