Cara Mengobati Kolesterol

Cara mengobati kolesterol dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara mengobati kolesterol dilakukan antara lain dengan cara menggunakan obat-obatan baik farmakologis maupun non farmakologis. Kolesterol tinggi dapat dicegah dengan menjaga pola hidup agar tetap sehat. Keadaan yang membuat kolesterol tinggi sebenarnya bersumber dari pola hidup yang tidak sehat. Faktor pencetus utama kolesterol tinggi ialah faktor makanan. Faktor makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Terutama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Cara mengobati kolesterol yang dilakukan dengan pengobatan farmakologis biasanya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan pada dokter, setelah itu dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol. Apabila dari hasil laboratorium menunjukkan kadar kolesterol yang tinggi maka pasien tersebut diberikan obat penurun kolesterol. Selain dengan menggunakan obat-obatan farmakologis, cara mengobati kolesterol juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan non farmakologis seperti mengkonsumsi gandum, kacang, sayuran dan lain sebagainya.



cara mengobati kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Cara Mengobati Kolesterol dengan Gandum 

Cara mengobati kolesterol yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi gandum. Cara mengobati kolesterol dengan mengkonsumsi gandum ini tergolong efektif dikarenakan serat dan karbohidrat kompleks yang terkandung dalam gandum dapat menekan nafsu makan. Sehingga apabila mengkonsumsi gandum in dapat memberikan perasaan kenyang sepanjang hari. Selain itu gandum juga dapat dijadikan cara mengobati kolesterol karena dapat membantu mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

Cara Mengobati Kolesterol dengan Mengkonsumsi Kacang 

Cara mengobati kolesterol dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi kacang. Kacang dapat dijadikan sebagai cara mengobati kolesterol karena dalam kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Dalam sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa bila mengkonsumsi kacang-kacangan satu ons setiap harinya maka dapat menurunkan resiko untuk terkena penyakit jantung. Namun mengkonsumsi kacang-kacangan ini perlu dibatasi karena dalam kacang juga mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Kemudian bila mengkonsumsi kacang sebaiknya dikonsumsi secara tunggal jangan dicampur dengan gula atau coklat.

Cara Mengobati Kolesterol dengan Mengkonsumsi Buah dan Sayur 

Cara mengobati kolesterol dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayuran dapat dijadikan sebagai cara mengobati kolesterol. Buah dan sayuran yang dikonsumsi ialah buah dan sayur yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu makanan yang mengandung sterol seperti margarin, yoghurt dan lain sebagainya juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Cara Mengobati Kolesterol dengan Mengkonsumsi Ikan dan Omega 3 

Cara mengobati kolesterol yang selanjutnya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi ikan. Dalam ikan terkandung lemak jenuh rendah dan asam lemak sehat omega-3 yang tinggi. Asam lemak ini dapat menurunkan kadar trigliserida. Selain itu asam lemak tersebut juga dapat menurunkan kolesterol dan menghambat pertumbuhan plak pada pembuluh darah arteri. Ikan tersebut seperti salmon, tuna, trout, dan sarden.

Cara Mengobati Kolesterol dengan Olahraga 

Cara mengobati kolesterol selanjutnya yiatu dengan melakukan olahraga. Tidak perlu waktu khusus untuk melakukan olahraga. Aktifitas sehari-hari pun dapat dijadikan sebagai olahraga agar dilakukan secara rutin. Kolesterol dapat diturunkan melalui olahraga dalam waktu kurang lebih 30 menit aktivitas fisik, lima hari seminggu (20 menit, tiga kali seminggu untuk olahraga berat, seperti jogging).

Cara Mengobati Kolesterol dengan Mengendalikan Stress 

Cara mengobati kolesterol selanjutnya yaitu dengan mengelola stress. Stress yang sudah lama dapat beresiko untuk meningkatkan tekanan darah, menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di arteri. Dalam suatu penelitian juga menunjukkan bahwa beberapa orang yang stress dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini dapat dicegah dengan latihan relaksasi, meditasi, atau biofeedback.



Oleh : Bidan Sulistia

Sumber:
  • dokita.co




Terima kasih untuk Like/comment FB :