Diet Kolesterol

Diet kolesterol dapat dilakukan salah satunya dengan mengatur pola makan. Mengingat penyakit yang ditimbulkan dari kolesterol merupakan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan, maka diet kolesterol perlu dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut. keadaan dengan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Jantung merupakan organ utama dalam tumbuh yang memiliki fungsi yang vital. Namun disamping itu kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya namun diperlukan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Kolesterol dalam tubuh sebenarnya terdiri dari 2 yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Kedua kolesterol ini sebenarnya diperlukan dalam tubuh namun dengan jumlah yang sangat sedikit. Namun apabila kadar kolesterol meningkat terutama kolesterol jahat maja dapat membahayakan ksehatan tubuh. Agar kadar kolesterol tidak meningkat maka dapat dilakukan pencegahan dengan melakukan diet kolesterol.


diet kolesterol

Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco


Diet kolesterol merupakan suatu cara atau upaya untuk mengatur asupan kolesterol agar kolesterol di dalam tubuh tidak tinggi. Diet secara umum bisanya selalu dikaitkan dengan pengaturan makanan. Adapula yang manfsirkannya sebagai tindakan untuk menahan rasa lapar. Diet juga sering dikaitkan dengan pengurangan berat badan dengan cara yang berbeda-beda. Diet biasanya sering dikaitkan dengan larangan untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Namun hal ini merupakan hal yang salah, sebenarnya dalam diet masih diperbolehkan untuk memakan makanan tertentu hanya saja takarannya yang diatur. // Diet kolesterol dapat dilakukan dengan cara memulai aktifitas di pagi hari dengan sarapan makanan yang terbuat dari biji-bijian atau produk segar. Produk segar seperti buah jeruk dapat membantu dalam metabolisme tubuh khususnya pembakaran lemak agar menadi lebih optimal. Selain itu diet kolesterol juga dapat dimulai dengan sarapan oatmeal tanpa gula dengan susu tanpa lemak. Oatmeal merupakan makanan yang memiliki serat tinggi namun rendah kalori.

Diet Kolesterol dengan Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat

Diet kolesterol yang pertama dapat dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat merupakan komponen utama dalam melakukan diet kolesterol. Serat dapat membersihkan racun serta endapan kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. serat sangat direkomendasikan agar selalu dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet kolesterol. Konsumsi serat yang dianjurkan ialah 5 – 10 gram serat setiap harinya. Serat ini dapat diperoleh dari oatmeal. Selain oatmeal serat larut juga bisa didapatkan dari satu mangkuk bubur gandum karena sudah mengandung sekitar 2 gr serat larut. Serat selain dari biji-bijian juga dapat di dapatkan dari buah-buahan seperti stroberi, apel, alpukat, dan anggur. Selain itu, kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan hazelnut juga memiliki kandungan serat yang tinggi, bahkan bisa mengurangi kolesterol hingga 5 %.

Konsumsi Makanan Non Kolestrol dalam Diet Kolesterol

Diet kolesterol yang dapat dilakukan selanjutnya ialah dengan memilih makanan yang berenergi. Tujuan dari memilih makanan yang dapat menghasilkan energi ialah agar jumlah kalori dalam tubuh bisa dijaga dalam level yang rendah. Makanan yang mengandung kandungan air yang tinggi tetapi sedikit kalori seperti sayuran hijau, buah berry dan buah melon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain itu makanan yang dipilih lainnya ialah makanan yang menjadi sumber protein dan kacang-kacangan seperti sup kacang, sup miju-miju, atau roti kacang. Sebagai pelengkap makanan utama, buah alpukat bisa dijadikan pilihan. Selain itu dapat ditambahkan dengan mngemil makanan ringan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Makanan ringan ini dapat menjadi tembahan energi saat beraktifitas serta dapat mencegah rasa lapar yang berlebihan.


Oleh : Bidan Sulistia

Sumber:
  • laksani.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :