HDL Kolesterol

HDL kolesterol merupakan sebuah zat yang dibutuhkan dalam tubuh manusia. Namun, zat tersebut hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Apabila kolesterol tersebut kadarnya tinggi, hal tersebut merupakan sebuah kondisi yang dapat membahayakan kesehatan. Pada umumnya kolesterol terbagi menjadi dua yaitu HDL kolesterol atau kolesterol baik dan ldl kolesterol atau kolesterol jahat. HDL kolesterol atau kolesterol baik merupakan sebuah zat yang penting bagi tubuh. Sebaliknya, ldl kolesterol atau kolesterol jahat merupakan kolesterol yang harus dihindari di dalam tubuh.

HDL Kolesterol

Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

HDL kolesterol merupakan sebuah zat yang memiliki peranan penting dalam tubuh kita. HDL kolesterol (High-Density Lipoprotein) tidak mengacu terhadap kandungan kolesterol yang terdapat pada makanan yang kita makan, melainkan HDL kolesterol yang beredar di dalam darah kita. HDL kolesterol merupakan salah satu lemak yang diukur dalam lipid panel tes darah yang dilakukan oleh dokter. HDL kolesterol merupakan sebuah zat yang sangat baik untuk berada dalam darah kita dikarenakan HDL kolesterol yang lebih tinggi dapat membantu dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Fakta Mengenai HDL Kolesterol 

  • Faktor genetika merupakan kemungkinan faktor yang mempengaruhi kadar HDL kolesterol dalam tubuh seseorang. 
  • HDL kolesterol merupakan jenis lemak yang sangat berkaitan untuk menimbulka resiko penyakit jantung. Hal ini dibuktikan dalam sebiah penelitian persfektif yang melibatkan peserta selama jangka waktu tertentu untuk mengamati kejadian seperti serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung. 
  • HDL kolesterol dalam darah terkandung sebanyak 20% -30% dari kolesterol darah total. 
  • HDL kolesterol membantu melindungi tubuh terhadap penimbunan lemak atau plak pada dinding pembuluh darah koroner arteri. 
  • Penurunan lima angka HDL kolesterol ini terkait dengan 25% peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan kata lain apabila kandungan HDL kolesterol dalam tubuh mengalami penurunan maka risiko terjadinya penyakit jantung akan mengalami peningkatan. 
  • Pada umumnya perempuan memiliki kadar HDL kolesterol lebih tinggi dibandingkan pria. Sekitar sepertiga dari kaum pria dan seperlima dari kaum wanita memiliki tingkat HDL di bawah 40 mg / dL. Dokter menganggap bahwa tingkat HDL kurang dari 40 mg / dL itu termasuk rendah.

Berdasarkan penjelasan diatas, telah terlihat bahwa HDL kolesterol memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Maka dari itu sangatlah penting bagi tubuh untuk memiliki kandungan HDL kolesterol yang cukup. Apabila tubuh mengalami kekurangan HDL kolesterol, berikut ini terdapat beberapa tips untuk meningkatkan HDL kolestrol, antara lain sebagai berikut:

  1. Memilih Lemak baik Mengganti lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh tunggal tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol ldl, tetapi juga dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol.
  2. Kedelai Saat mengganti produk yang berbahan dasar dari hewan, maka penggunaan makanan yang berbahan dasar dari kedelai dapat memberikan manfaat pada kesehatan jantung. Makanan produk kedelai ini mengandung lemak jenuh yang rendah. Sedangkan lemak tak jenuh pada kedelai ini cukup tinggi. Selain itu makanan yang terbuat dari kedelai memiliki serat yang tinggi. Suatu penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa kedelai mengandung protein kedelai dan isoflavon. Mengkonsumsi kedelai secara teratur dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik sebesar 3%. Hal ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 5%. Slein itu kedelai juga dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Penurunan yang terjadi ialah LDL sebasar 3% dan trigliserida sebesar 6%. Hal ini dapat dicapai dengan sekitar tiga porsi kedelai per hari, yaitu kira-kira 0,45 kg tahu atau tiga gelas soy shake. 
  3. Jus Jeruk Menurut sebuah penelitian kecil di Inggris, dengan minum tiga gelas jus jeruk sehari, Anda dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol sebesar 21%, walaupun memerlukan komitmen gizi yang cukup besar karena mengandung 330 kalori. 


Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • dokita.co




Terima kasih untuk Like/comment FB :