Herbal Penurun Kolesterol

Herbal penurun kolesterol merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki kegunaan ataupun nilai yang lebih dalam mengobati penyakit yang diakibatkan dari kadar kolesterol yang tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai penyakit yang dapat menurunkan derajat kesehatan seseorang. bahkan lebih parahnya lagi penyakit tersebut dapat merusak organ vital yang ada di dalam tubuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kadar kolesterol yang tinggi diantaranya ialah penggunaan herbal penurun kolesterol.

Herbal penurun kolesterol yang dapat dijadikan sebagai obat dalam mengobati kadar kolesterol yang tinggi dapat dengan mudah dan di temukan untuk dijadikan ramuan obat. Herbal tersebut dapat berupa tanaman yang tidak sengaja kita makan sehari-hari atau tanaman tertentu yang belum pernah kita temui sebelumnya namun mempunyai manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.


Herbal Penurun Kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Obat Herbal Penurun Kolesterol

Obat herbal penurun kolesterol yang berasal dari tanaman telah terbukti ampuh dapat mengobatai penyakit akibat kadar kolesterol yang tinggi. Obat herbal penurun kolesterol ini dapat kita buat sendiri ataupun kita dapat mengkonsumsinya langsung dalam bentuk ekstrak dari tanaman obat herbal penurun kolesterol. Berikut terdapat beberapa obat herbal penurun olesterol yang biasanya digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yaitu :

  • Zaitun
Di dalam tanaman zaitun terkandung hidroksitirosol yang merupakan senyawa polifenol. Senyawa polifenol ini telah terbukti dapat menurunkan kadar dari tingkat serum kolesterol total, trigliserida, dan LDL serta meningkatkan HDL. Seperti yang kita ketahui bahwa LDL itu merupakan kolesterol jahat. Dan HDL merupakan kolesterol baik. Hidroksitirosol yang terkandung di dalam tanaman zaitun ini bekerja dengan cara menyatu dengan darah dan jaringan untuk membersihkan radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu hidrokorsitirosol ini juga dapat melindungi sistem kardiovaskuler dan sistem syaraf. Akibat dari hal inilah tanaman zaitun dapat dikategorikan sebagai obat herbal penurun kolesterol.
  • Acai Berry
Di dalam tanaman acai berry terkandung sterol. Setiap 100 gram acai berry terkandung sterol sebanyak 48 mg. Kandungan utama yang dikandung dari acai berry ialah beta-sitosterol. Sterol itu sendiri merupakan bagian alami dari suatu tanaman yang berfungsi dalam menurunkan penyerapan kolesterol oleh usus sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah.maka dari itu tanaman Acai Berry dapat dijadikan sebagai salah satu obat herbal penurun kolesterol.
  • Blueberry
Di dalam tanaman blueberry terkandung pterostilbene. Ini merupakansenyawa antioksidan kuat yang biasanya disebut dengan pterostibine. Pterostilbene yang kuat dapat membantu dalam menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Selain itu dalam suatu penelitian menjelaskan bahwa tanaman blue berry dapat mengecilkan gen dalam saluran pencernaan yang dapat mempengaruhi untuk membersihkan kolesterol di dalam tubuh. Sehingga blueberry dapat dijadikan sebagai salah satu obat herbal penurun kolesterol.
  • Delima merah
Di dalam tanaman delima merah terkandung zat punicalagin yang dapat menghalangi atau menghambat terjadinya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah arteri pada orang yang beresiko tinggi memiliki penyakit jantung koroner. Zat ini telah terbukti dapat memelihara pembuluh darah dan jantung. Punicalagin merupakan zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Punicalagin tidak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh namun juga dapat menurunkan tekanan darah dan menghambat terjadinya arteriosklerosis. Sehingga punicalagin yang terkandung dalam delima merah dapat dijadikan sebagai salah satu obat herbal penurun kolesterol.



Oleh : Bidan Sulis

Sumber :

  • grosiramazoneplus.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :