Kadar Kolesterol Normal

Kadar kolesterol normal pada seseorang berkisar kurang dari 200 mg/dl. Sedangkan kadar kolesterol diatas 200 mg/dl tergolong ke dalam kadar kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi itu sendiri merupakan suatu kondisi yang dapat membahayakan bagi kesehatan. Secara umum, kolesterol dibagi dalam 2 kategori yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jenis kolesterol yang dapat menimbulkan penyakit di dalam tubuh disebut dengan kolesterol jahat. Jenis kolesterol ini dapat menimbulkan plak dalam dinding arteri sehingga dapat menyebabkan penyumbatan pada dinding arteri dan hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penyakit seperti jantung dan stroke.

Kadar kolesterol normal yang kurang dari 200 mg/dl menjadi kadar kolesterol yang dapat ditolerir oleh tubuh. Sebaliknya kadar kolesterol tinggi tidak dapat ditolerir oleh tubuh. Kadar kolesterol yang dimaksud ialah kadar jenis kolesterol jahat. Dampak dari tingginya kadar kolesterol jahat pada tubuh sudah diketahui secara jelas. Untuk lebih lanjut mari kita bahas mengenai batasan dari kadar kolesterol normal dalam tubuh.


kadar kolesterol normal
Alat cek kolesterol multifungsi merk Easy Touch


Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh 

Kadar kolesterol normal dalam tubuh merupakan nilai rata-rata dari kadar kolesterol yang umumnya tidak memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Kadar kolesterol normal tersebut dijadikan acuan sebagai ambang batas nilai normal dari kadar kolesterol. Apabila dari hasil pemeriksaan lab menunjukkan bahwa nilai kadar kolesterol diatas dari kadar kolesterol normal maka dapat beresiko untuk terserang berbagai penyakit seperti penyakit jantung. Pada nkadar kolesterol normal yang menunjukkan nilai kurang dari 200 mg/dl maka dapat dikatakan bahwa nilai ini merupakan kadar kolesterol normal. Nilai ini memiliki arti bahwa kadar kolesterol total yang terdiri dari kadar LDL, kadar HDL dan kadar trigliserida kurang dari 200 mg/dl. Kadar kolesterol normal ini masih dapat ditolerir oleh tubuh sehingga kita masih dapat terhindar dari penyakit yang ditimbulkan akibat kadar kolesterol tinggi.

Apabila kadar kolesterol berada diatas kadar kolesterol normal yaitu diantara 200-239 mg/dl maka dapat dikatakan sebagai tingkat kolesterol yang cukup. Namun diperlukan pengecekan terhadap kadar LDL, HDL dan trigliserida secara terpisah. Apabila kadar kolesterol berada diatas kadar kolesterol normal yaitu diatas 240 mg/dl maka dapat beresiko tinggi terhadap penyakit jantung.

Untuk kadar kolesterol normal HDL pada pria dan wanita memiliki perbedaan. Kadar kolesterol normal HDL pada pria berkisar antara 40-50 mg/dl, dan antara 20-60 mg/dl untuk wanita. Pada kadar HDL ini dikatakan bagus apabila kadar HDL lebih tinggi daripada LDL. Dengan kadar HDL yang tinggi dapat memperkecil kemungkinan untuk terjadinya serangan jantung atau penyakit jantung.

Untuk kadar kolesterol normal LDL yaitu kurang dari 100 mg/dl. Semakin rendah kadar LDL maka semakin kecil pula kemungkinan untuk beresiko terkena penyakit jantung. Pada kadar LDL diantara 100-129 mg/dl termasuk ke dalam kategori normal, antara 130-159 mg/dl termasuk ke dalam kategori cukup, antara 160-189 mg/dl termasuk ke dalam kategori tinggi, dan lebih dari 190 mg/dl termasuk ke dalam kategori sangat tinggi.

Pada kadar kolesterol normal trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dl. Kemudian untuk nilai antara 150-199 mg/dl termasuk ke dalam kategori normal juga, antara 200-499 mg/dl termasuk ke dalam kategori tinggi, dan lebih dari 500 mg/dl termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Itulah kadar kolesterol normal dari setiap jenis-jenis kolesterol yang ada dalam tubuh kita. Yang terpenting kita harus batasi kadar asupan kolesterol untuk menghindari penyakit jantung.


Oleh : Bidan Sulistia

Sumber:
  • werno-werno.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :