Kolesterol HDL

Kolesterol HDL merupakan sebutan bagi kolesterol baik. Kolesterol HDL ini merupakan salah satu jenis lemak yang diukur dalam lipid panel tes darah yang dilakukan oleh dokter. Kolesterol HDL inilah yang diharapkan utnuk meningkat di dalam tubuh. Karena dengan terjadinya peningkatan kolesterol baik ini dapat mengurangi resiko terhadap terjadinya penyakit jantung. Kolesterol ini normalnya beredar dalam darah bersamaan dengan jenis kolesterol lainnya seperti kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida. Apabila kadar kolesterol jahat dalam darah lebih banyak dibandingkan dengan kolesterol baik maka dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah oleh plak sehingga dapat menimbulkan resiko serangan jantung.

Kolesterol HDL dalam tubuh memiliki beberapa peranan. Salah satu peranan dari kolesterol baik tersebut ialah melindungi pembuluh darah dari akumulasi plak atau timbunan lemak yang dapat terjadi pada dinding koroner pembuluh darah arteri. Kandungan kolesterol baik ini di dalam tubuh berjumlah sebesar 20-30% dari kadar kolesterol darah total di tubuh kita. Selain itu beberapa penelitian menunjukkan bahwa apabila terjadi penurunan kadar kolesterol baik sebesar lima angka maka akan meningkatkan resiko penyakit jantung sebesar 25%.


Kolesterol HDL
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Pada suatu penelitian yang dilakukan dan bersifat prospektif (peneitian yang mengkutsertakan objek penelitian dalam jangka waktu tertentu untuk mengamati suatu kejadian) terbukti bahwa kolesterol baik biasanya dapat menjadi faktor resiko lemak yang berkaitan dengan resiko penyakit jantung. Tinggi rendahnya kadar kolesterol baik di dalam tubuh seseorang dipengaruhi oleh genetik dari orang tersebut.

Pada umumnya perempuan akan memiliki kadar kolesterol HDL lebih tinggi dari pada kaum laki-laki. Dari suatu hasil penelitian menunjukkan bahwa satu per tiga dari kaum wanita memiliki kadar kolesterol baik dibawah 40 mg/dL. Para ahli menyebutkan bahwa kadar kolesterol baik dibawah 40 mg.

Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol HDL

Meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh dapat dilakukan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Berikut merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL di dalam darah yaitu :

  • Makanan kaya Niasin
Makanan kaya niasin ini merupakan makanan yang mengandung vitamin B3. Niasin di dapatkan berupa suplemen makanan. Selain ada dalam suplemen makanan niasin juga ada dalam makanan seperti kacang, produk susu, sereal, gandum, kalkun, ayam panggang, dan fillet daging sapi panggang.
  • Serat larut
Makanan serat larut dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol total. Makanan yang termasuk ke dalam serat larut diantranya ialah biji-bijian, gandum, beras merah, kacang polong, jeruk, apel dan anggur.
  • Minyak
Minyak goreng yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti minyak canola dan minyak zaitun dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu minyak tersebut juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi kadar kolesterol total. Dalam kehidupan sehari-hari di tingkat rumah tangga banyak yang menggunakan minyak kelapa untuk keperluan memasak. Namun sebaiknya minyak kelapa digantikan dengan minyak gorang yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik untuk menghindari dari resiko penyakit jantung. ·
  • Makanan produk kedelai 
Dengan mengkonsumsi makanan seperti tahu atau tempe dua kali sehari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Produk kedelai seperti tahu atau tempe ini mengandung serat larut dan isoflavon. Isoflavon sendiri dapat berfungsi sebagai hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.




Oleh : Bidan Esi
Daftar Pustaka :
  • Dokita.co.id 
  • amazine.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :