Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat merupakan salah satu jenis dari kolesterol yang memiliki partikel yang kecil sehingga disebut juga sebagai low density cholesterol atau LDL. Kolesterol di dalam tubuh menjadi suatu zat yang diperlukan untuk mendukung sistem yang ada dalam tubuh. Namun, kolesterol yang diperlukan oleh tubuh terbatas pada jumlah yang sangat sedikit. Sehingga apabila kolesterol yang ada pada tubuh banyak terutama untuk jenis kolesterol jahat maka dapat menyebabkan penyakit lain seperti penyakit jantung.

Selain kolesterol jahat di dalam tubuh juga terdapat kolesterol baik yang biasa disebut dengan high density cholesterol atau HDL, Kolesterol baik (HDL) merupakan jenis kolesterol yang berperan penting di dalam tubuh manusia. Dengan adanya kandungan kolesterol baik yang cukup di dalam tubuh, hal tersebut dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung yang berbahaya. Sedangkan kolesterol jahat, merupakan jenis kolesterol yang harus dihindari dan dikurangi jumlahnya di dalam tubuh.


kolesterol jahat
Alat cek kolesterol multifungsi  merk Nesco

Kolesterol jahat dapat berakibat buruk terhadap kesehatan. Dengan adanya kolesterol jahat di dalam tubuh maka dapat membuat timbulnya suatu plak yang menempel pada dinding dari pembuluh darah. Akibat menempelnya plak tersebut maka akan membuat penyempitan dari saluran pembuluh darah. Sehingga sangat dianjurkan sekali untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh.

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat


Berikut terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar kolesterol jahat di dalam tubuh dapat berkurang. Cara tersebut diantaranya ialah :
  • Menghindari makanan yang bisa membuat kolesterol tinggi 
Menghindari makanan yang bisa membuat kadar kolesterol menjadi tinggi wajib ditinggalkan oleh para penderita kolesterol tinggi. Pada makanan yang berkolesterol tinggi juga terdapat kolesterol jahat dalam jumlah yang tinggi. Makanan yang mengandung kolesterol jahat tersebut diantaranya ialah lemak trans, makanan berkolesterol, dan lemak jenuh.
  • Berhenti merokok 
Merokok sebenarnya tidak berkaitan langsung dengan kolesterol jahat. Namun merokok dapat merusak pembuluh darah. Mempercepat terjadinya pengerasan pembuluh darah atau arteriosklerosis yang merupakan faktor resiko penyakit jantung, stroke serta penyakit lainnya.
  • Memperbanyak mengkonsumsi makanan penurun kolesterol jahat 
Makanan penurun kolesterol jahat terlah terbukti secara ampuh dalam mneurunkan kadar kolesterol. Makanan yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat ini diantaranya ialah minyak zaitu, minyak kelapa virgin, dan minyak ikan. Namun tidak semua minyak dapat dijadikan untuk menurunkan kadar kolesterol. Hanya minyak yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang justru dapat menaikkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain dari minyak-minyakan, makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat diantaranya ialah teh hijau, alpukat, delima, dan lain sebagainya. Selain hal tersebut, cara menurunkan kadar kolesterol jahat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen dari makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Suplemen yang dikonsumsi tersebut merupakan suplemen alami. Salah satu jenis suplemen yang banyak digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol ialah ekstrak bawang putih. Suplemen bawang putih ini telah terbukti ampuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Mempraktikkan manajemen stres yang baik 
Dengan mempraktikkan manajemen stres yang baik dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun stres yang berlebihan memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan. Stres yang berlebihan mempunyai potensi dalam meningkatkan kadar dari kolesterol jahat. Tetapi bila manajemen stresnya dilakukan dengan baik maka hal ini tidak akan terjadi. Maka dari itu diperlukan waktu luang untuk bersantai dan melepaskan stres yang ada.
  • Meningkatkan aktifitas olahraga 
Meningkatkan aktifitas khususnya dalam melakukan olahraga, dapat dijadikan sebagai sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berolahraga juga dapat dijadikan sebagai strategi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.








Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • herbalinsani.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :