Kolesterol LDL

Kolesterol LDL sering disebut juga sebagai kolesterol jahat. Sebebarny akolesterol LDL bukan merupakan kolesterol jahat. Namun, kandungan atau substansi kimianya yang dapat mengganggu kesehatan. Pneyakit yang dapat disebabkan sebagai akibat dari tingginya kolesterol LDL ialah penyakit jantung. Tingginya kadar kolesterol LDL di dalam tubuh dapat menimbulkan plak di dinding arteri yang dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan. Apabila penyumbatan yang terjadi berlarut-larut maka akan menimbulkan pecahnya plak sehingga dapat menyebabkan aterosklerosis pada pembuluh darah khususnya pembuluh darah arteri.


kolesterol LDL
 Alat cek kolesterol multifungsi  merk Nesco


Ada beberapa penjelasan yang dapat menjelaskan mengenai pembentukan plak dan aterosklerosis oleh kolesterol LDL. Penjelasan pertama menyatakan terjadinya penumpukan kolesterol LDL dalam pembuluh darah sejak masa anak-anak atau remaja. Penjelasan kedua menyatakan kolesterol LDL yang menumpuk di pembuluh darah dicoba untuk dicerna oleh sel darah putih dan mengubah kolesterl LDL menjadi teroksidasi. Penjelasan yang ketiga sel darah putih dan sel-sel lain berpindah ke daerah tersebut dan membuat radang dalam dinding pembuluh darah arteri. Penjelasan yang keempat menyatakan semakin lama kolesterol LDL menumpuk pada pembuluh darah maka dapat menciptakan plak yang berupa benjolan pada dinding arteri. Plak terbentuk dari substansi lain termasuk di dalamnya sel, dan kolesterol. Penjelasan yang kelima menyatakan proses ini terjadi secara terus-terusan sehingga membuat plak menjadi besar dan menyumbat arteri.

Menurunkan Kadar Kolesterol LDL


Kolesterol LDL jika dibiarkan dalam pembuluh darah maka dapat menyumbat aliran darah. Sehingga beresiko untuk terjadi pecahnya plak secara tiba-tiba. apabila hal ini terjadi, maka akan berpotensi untuk terjadi serangan jantung. Serangan jantung diartikan sebagai suatau rasa nyeri yang hebat pada area jantung atau dada sebelah kiri. Hal ini dapat terjadi karena adanya bekuan darah pada daerah yang pecah.

Sehingga sebaiknya kolesterol LDL harus dikurangi dosisnya dalam tubuh manusia. Kolesterol LDL yang tinggi sebenarnya dapat diturunkan, caranya ialah dengan mengatur pola makan ataupun dengan menggunakan obat penurun kolesterol.

Berikut terdapat cara untuk menurunkan kadar kolesterol LDL ialah sebagai berikut :
  • Mengkonsumsi oat bran
Oat bran memiliki kehalusan lebih halus dari oat meal. Oat bran ini menjadi makanan yang kaya serat beta-glucan yang dapat menurunkan kolesterol LDL menjadi 10 – 30 mg/dl. · Mengkonsumsi flaxseed · Flaxseed merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang rendah sehingga mudah untuk dicerna. Selain itu juga flaxseed mengandung banyak serat dan bisa menurunkan kadar kolesterol LDL.
  • Mengindari makanan dari tepung terigu
Kadar kolesterol LDL dapat diturunkan dengan menghindari banyak makanan laut, menghindari makanan yang terbuat dari tepung terigu.
  • Menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi 
Kolesterol LDL dapat turun dengan membatasi makanan yang mengandung indek glikemik tinggi. Makanan dengan indeks glikemik tinggi diantaranya ialah soft drinks, kue, kentang putih, dan nasi putih.
  • Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol LDL. Kacang-kacangan tersebut diantaranya ialah kacang almond. Kacang almond ini dikonsumsi sebanyak seperempat atau atau setengah cangkir setiap harinya untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Kacang-kacangan bersifat alami dan memiliki atau kaya akan serat dan mudah merasakan kenyang.
  • Makanan yang mengandung kedelai
Makanan yang mengandung kedelai dipercayai dan telah terbukti dalam menurunkan kolesterol LDL. Kolesteol LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat meninggalkan plak dan menyebabkan serangan jantung . Namun kesemua ini dapat dicegah tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat.


Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • health.kompas.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :