Kolesterol Total

Kolesterol total adalah suatu kondisi yang menunjukkan kadar kolesterol yang berada dalam tubuh secara total atau keseluruhan. Kolesterol itu sendiri merupakan lipid amfipatik dan merupakan komponen struktural esensial pada plasma. Sumber makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol total ini ialah makanan yang bersumber dari hewan. Makanan tersebut ialah kuning telur, daging, hati, dan otak. Kurang lebih setengahnya kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh di sintesis dan sisanya diperoleh dari makanan. 10% sintesis total pada manusia disintesis oleh hati dan usus.

Pada setiap jaringan yang memiliki inti sel, hampir semuanya dapat memproduksi kolesterol. Pembentukan kolesterol ini berlangsung pada bagian sel yang bernama reticulum endoplasma dan sitosol. Bahan dasar yang membentuk kolesterol ini ialah karbohidrat, protein atau lemak. Selain ada kolesterol total, juga ada kolesterol jahat atau LDL kolesterol. LDL kolesterol ini merupakan singkatan dari Low Density Lipoprotein. Fungsi dari LDL kolesterol ini ialah membawa kolesterol dan ester kolesteril ke seluruh jaringan. Slein itu ada juga yang disebut HDL kolesterol. HDL kolesterol dikenal juga dengan kolesterol baik. Kepanjangan dari HDL kolesterol ialah High Density Lipoprotein. Fungsi dari HDL kolesterol ini ialah mengeluarkan kolesterol bebas dari jaringan dan mengangkutnya menuju organ hati.


kolesterol total
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Kolesterol LDL disebut juga sebagai kolesterol jahat karena mempunyai peran dalam membawa kolesterol total ke seluruh jaringan tubuh. Sehingga dari perannya tersebut, dapat menjadikan terjadinya penumpukkan kolesterol di berbagai jaringan termasuk di pembuluh darah. Sedangkan kolesterol HDl disebut juga sebagai koleterol baik karena berfungsi mengambil kolesterol dari jaringan tubuh untuk dikembalikan ke organ hati. Sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukkan kolesterol di jaringan termasuk di pembuluh darah.

Organ hati menjadi tempat dimana kolesterol dibuang dari tubuh tanpa diubah atau setelah diubah menjadi asam empedu. Perubahan ini disebut sebagao proses transpor kolesterol terbalik. Kolesterol total tersebut merupakan unsur pokok dari terjadinya batu empedu. Namun kolesterol total memiliki peranan utama yaitu sebagai faktor pembentuk aterosklerosis pada pembuluh darh arteri vital. Kejadian ini dapat mengakibatkan terjadinya penyakit pembuluh darah perifer, koroner, dan serebrovaskular.

Kadar Kolesterol Total 

Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa kolesterol total ialah gabungan dari berbagai jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kadar kolesterol total merupakan kadar dari gabungan jenis-jenis kolesterol yang ada dalam tubuh. Normalnya kadar kolesterol total di dalam tubuh ialah berada di bawah 200 mg/dl. Sedangkan dikatakanan tinggi apabila melebihi kadar normal yaitu diatas 200 mg/dl.
Apabila diuraikan dari masing-masing kadar berbagai jenis kolesterol maka kadar kolesterol LDL dikatakan optimal apabila kurang dari 100 mg/dl, diatas optimal apabila berada diantara 100-129 mg/dl, dikatakan buruk atau tinggi bila berada diantara 160-189 mg/dl, dan dikatakan sangat buruk apabila lebih sam dengan 190 mg/dl. Sedangkan untuk kadar kolesterol HDL dikatakan buruk atau rendah apabila kurang dari 40 mg/dl, dikatakan mengkhawatirkan bila berada diantara 41-59 mg/dl, dan dikatakan tinggi atau baik apabila melebihi sama dengan 60 mg/dl. Dan untuk kadar trigliserida dikatakan sehat atau normal apabila kurang dari 150 mg/dl, dikatakan ambang tinggi bila berada diantara 150-199 mg/dl, dikatakan buruk atau tinggi bila berada diantara 200-499 mg/dl, dikatakan sangat buruk atau sangat tinggi apabila kadar kolesterol total berkadar lebih dari sama dengan 500 mg/dl.



Oleh : Bidan Esi
Daftar Pustaka :
  •  kadarkolesterolnormal.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :