Makanan Non Kolesterol

Makanan non kolesterol merupakan makanan yang tidak mengandung kolesterol. Makanan non kolesterol ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi khususnya bagi penderita kolesterol tinggi. Makanan non kolesterol dapat dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. Makanan non kolesterol ini tidak memiliki potensi dalam menaikkan kadar kolesterol di dalam darah. Dari adanya makanan non kolesterol, setidaknya para penderita kolesterol tinggi tidak akan menaikkan kadar kolesterolnya. Sehingga makanan non kolesterol dapat dikonsumsi tanpa ada batasan berapa jumlah yang dikonsumsinya.


Makanan Non Kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Jenis Makanan Non Kolesterol

Terdapat banyak makanan non kolesterol. Pada umumnya makanan non kolesterol ini di dominasi oleh makanan yang berasal dari tanaman atau tumbuhan. Tanaman atau tumbuhan tersebut ialah buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun terdapat juga makanan non kolesterol yang berasal dari hewan seperti ikan. Tentunya sebenarnya makanan non kolesterol ini merupakan makanan yang murah dan mudah di dapat dibandingkan makanan berkolesterol tinggi. Biasanya makanan berkolesterol tinggi memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan makanan non kolesterol.

Berikut terdapat beberapa contoh jenis makanan non kolesterol yang dapat dijadikan menu makanan sehari-hari, diantaranya ialah :

  • Oatmeal
Oatmeal merupakan sejenis makanan yang mengandung serat larut dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Oatmeal merupakan makanna yang terbuat dari gandum. Serat arut yang terdapat pada oatmeal juga terdapat pada kacang merah, pisang, apel, dan lain sebagainya. Serat larut ini bekerja dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan ke pembuluh darah sehingga tidak terjadi penimbunan plak di dalam pembuluh darah.
  • Ikan
Ikan yang termasuk ke dalam makanan non kolesterol ini ialah ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna, dan salmon. Omega-3 yang terkandung di dalam ikan selain dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh juga dapat memelihara kesehatan jantung dan mencegah terjadinya arteriosklerosis serta serangan jantung.
  • Kacang panjang
Kacang panjang menjadi salah satu jenis makanan non kolesterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Suatu penelitian menunjukkan bahwa setengah cangkir sup kacang panjang yang dikonsumsi penderita kolesterol tinggi mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total sebesar 8%. Serat yang terkandung di dalam kacang panjang mampu memperlambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh.
  • Teh hitam
Teh hitam menjadi salah satu jenis makanan non kolesterol yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, teh hitam juga dapat mencegah timbulnya kanker. Berdasarkan hasil dari suatu penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh hingga 10% hanya dalam kurun waktu 3 minggu.
  • Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat bermafaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik. Di dalam alpukat juga terkandung beta-sitosterol yang dapat mengurangi kolesterol yang diserap dari makanan. Namun alpukat ini jangan terlalu sering untuk di konsumsi.
  • Buah zaitun
Di dalam buah zaitun terkandung antioksidan zaitun hydroxytyrosol yang berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi tetapi tidak berpengaruh untuk mengurangi kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Selain buahnya, minyak zaitun juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik karena di dalam minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Sehingga buah zaitun ini dapat dijadikan salah satu jenis makanan non kolesterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.


Oleh : Bidan Sulis

Sumber :

  • grosiramazoneplus.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :