Makanan Pantangan Kolesterol

Makanan pantangan kolesterol merupakan makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita dengan kadar kolesterol yang tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan pantangan kolesterol ini terutama bagi penderita yang telah diketahui memiliki kadar kolesterol tinggi maka dapat menyebabkan penyakit lain yang berbabahaya bagi kesehatan. Makanan pantangan kolesterol ini sebaiknya jangan dijadikan menu makanan sehari-hari. Namun alangkah lebih baiknya lagi bila makanan pantangan kolesterol ini dihapus dari daftar menu makanan kita. kalaupun boleh memakan makanan ini, maka dianjurkan dalam jumlah yang terbatas.


makanan pantangan kolesterol
 Alat cek kolesterol multifungsi merk Easy Touch

Beberapa makanan pantangan kolesterol yang sebaiknya dihindari terutama bagi penderita yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Makanan pantangan kolesterol tersebut diantaranya ialah :
  • Daging unggas 
Daging unggas menjadi makanan pantangan kolesterol tinggi. Tetapi tidak semua bagian dari daging unggas menjadi makanan pantangan kolesterol. Hanya bagian tertentu yang sebaiknya untuk tidak dikonsumsi. Bagian tersebut merupakan bagian yang memiliki kandungna lemak. Bagian tersebut contohnya ialah kulit ayam. Pada kulit ayam itu sendiri mengandung kolesterol sebanyak 160 mg/10 gram dan daging bebek dengan kulit memiliki kadar LDL sebanyak 165 mg/10 gram.
  • Daging ternak atau daging merah 
Daging merah menjadi makanan pantangan kolesterol karena dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. rasa lezat dan gurih yang terasa dari daging ini sebenarnya memicu kolesterol untuk meningkat.
  • Makanan olahan daging 
Makanan olahan daging menjadi makanan pantangan kolesterol. Makanan olahan daging tersebut menjadi makanan pantangan kolesterol karena mengandung lemak daging. Makanan olahan daging contohnya sosis daging sapi dan sosis daging ayam.
  • Belut 
Belut dapat menjadi makanan pantangan kolesterol. Makanan pantangan kolesterol dari belut ini tidak dianjurkan karena dalam belut terkandung kolesterol tinggi. Pada 10 gr belut mengandung LDL sebesar 185 mg.
  • Makanan laut 
Makanan laut atau yang lebih dikenal dengan seafood dapat menjadi makanan pantangan kolesterol. Dalam 10 gr seafood terkandung kadar LDL yang tinggi. Maka dari itu bila hendak memakan seafood sebaiknya kurang dari 10 gr dan dengan intensitas yang jarang. Seafood yang dimaksud contohnya ialah udang, iput, kerang dan lain sebagainya.
  • Santan atau minyak kelapa 
Santan atau olahan kelapa menjadi salah satu maknan pantangan kolesterol. Santan ini menjadi makanan pantangan kolesterol karena di dalam santan dan minyak kelapa memiliki kolesterol yang tinggi yaitu sebesar 185 mg.
  • Berbagai jenis susu 
Susu menjadi salah satu makanan pantangan kolesterol. Susu yang dimaksud ialah susu dapi atau susu sapi yang disertai dengan cream.
  • Kopi dengan creamer 
Semua kopi hitam sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi. Namun kopi hitam dengan creamer dapat menjadi makanan pantanagan kolesterol. Karena kopi dengan creamer dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Dampak Memakan Makanan Pantangan Kolesterol 


Tergiur akan aroma dan rasa yang lezat sering kali membuat kita mamakan makanan pantangan kolesterol. Akibat hal tersebut, terdapat beberpa dampak yang mungkin terjadi diantarnaya kerja jantung yang berat, pembuluh darah pecah, stroke secara tiba-tiba, bahkan yang paling parah dapat menyebabkan serangan jantung. Makan makanan pantangan kolesterol ini dapat beresiko untuk terjadinya penyakit jantung, kerusakan saraf otak, dan stroke. Makanan pantangan kolesterol ini sebaiknya dihindari agar tidak berlanjut ke arah yang lebih parah. lebih parah dari dampak memakan makanan pantangan kolesterol ini dapat menyebabkan serangan jantung bahkan kematian. harus ingat selalu mengenai kerugian yang mungkin dapat ditimbulkan.



Oleh : Bidan Sulis
Sumber :
  • halosehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :