Makanan Rendah Kolesterol

Makanan rendah kolesterol merupakan makanan yang mengandung sedikit sekali kolesterol. Pada umumnya makanan rendah kolesterol terbuat dari bahan-bahan sayur-sayuran, buah-buahan. Sedangkan daging pada umumnya harus dihindari karena daging merupakan makanan tinggi kolesterol bukan makanan rendah kolesterol. Dalam makanan rendah kolesterol ini dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi suatu makanan terlebih dahulu. Makan makanan rendah kolesterol dalam jumlah yang banyak tidak akan meningkatkan kadar kolesterol. Malahan dapat mengontrol kadar kolesterol agar tetap normal.



makanan rendah kolesterol
 Alat cek kolesterol multifungsi merk Easy Touch

Makanan rendah kolesterol berasal dari tanaman seperti berikut ini :
  • Buah jeruk
Jelas buah jeruk ini tidak memiliki kolesterol. Selain itu buah jeruk ini mampu menurunkan kadar kolesterol. · Jeruk nipis. Jeruk nipis menjadi makanan rendah kolesterol karena kandungan flavanoidnya yang membantu dalam memproduksi kolesterol LDL.
  • Kacang almond
Kacang almond menjadi makanan rendah kolesterol. Kandungan lemak tak jenuh pada almond dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.
  • Tomat
Tomat menjadi makanan rendah kalori. Di dalam tomat tersebut mengandung senyawa likopen yang dapat mencegah serangan jantung atau stroke.
  • Buah mangga
Mangga menjadi salah satu makanan rendah kolesterol. Mangga ini mengandung senyawa banyak serat probiotik yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Macam-macam Makanan Rendah Kolesterol


Macam –macam makanan rendah kolesterol yang paling banyak ialah berasal dari tanaman atau tumbuhan. Golongan makanan terutama dari daging sehat pada umumnya diklasifikasikan sebagai makanan tinggi kolesterol. Makanan rendah kolesterol yang dimaksud diantaranya ialah buah alpukat, buah mangga dan lain-lain. Makanan rendah lemak ini dapat diperoleh dari bahan alami.

Macam-macam makanan rendah kolesterol yang ada inilah yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. makanan rendah lemak atau rendah kolesterol yang dimaksud diantaranya ialah buah alpukat, buah delima dan lain sebagainya. Macam-macam makanan rendah lemak atau rendah kolesterol seperti alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dengan cara mnegkonsumsinya langsung atau diolah seperti jus terlebih dahulu.

Alpukat sendiri menjadi makanan rendah lemak karena di dalam alpukat mengandung lemak tak jenuh. Walaupun sebagain besar dari alpukat merupakan lemak, namun lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh. Maka disarankan untuk mengkonsumsi alpukat secara teratur. Selain alpukat juga terdapat buah delima.buah delima menjadi makanan rendah kolesterol. Buah delima ini mampu menurunkan kadar kolesterol karena mengandung antioksidan.

Makanan rendah lemak yang selanjutnya ialah kacang polong dan kedelai. Makanan ini selain memiliki kadar kolesterol yang rendah juga dapat mencegah dari serangan jantung. Makanan yang mengandung kolesterol rendah ini dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Makanan rendah lemak selanjutnya ialah yoghurt rendah lemak. Makanan ini dapat mencukupi protein di dalam tubuh. Selain makanan rendah kolesterol tersebut diatas ada lagi gandum yang mengandung rendah kolesterol. Sehingga makanan seperti gandum sering dianjurkan untuk dikonsumsi.

Makanan rendah kolesterol yang menjadi pilihan selanjutnya untuk dikonsumsi ialah ikan. Ikan mengandung omega 3. Kandungan ikan ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Pada kategori daging-dagingan, daging rusa dan unta tergolong ke dalam makanan rendah kolesterol. Kandungan lemak atau kolesterol dalam daging ini sangat rendah sehingga masih aman bila dikonsumsi dalam waktu seminggu. Namun disarankan agar tidak menambahkan banyak bumbu dalam memasak daging ini. Selain bumbu yang banyak usahakan jangan mencampur dengan baham berlemak lain agar manfaatnya dapat terjaga dengan baik dan mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi.


Oleh : Bidan Sulis
Sumber :
  • halosehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :