Mencegah Kolesterol

Mencegah kolesterol sebaiknya dilakukan sebelum kadar kolesterol di dalam tubuh kita meningkat. Mencegah kolesterol utamanya dilakukan berdasarkan penyebab kolesterol itu sendiir. Pada umumnya penyebab kolesterol di akibatkan karena asupan jenis makanan tertentu yang mengandung tinggi kolesterol. Makanan yang mengandung tinggi kolesterol sebagian besar berasal dari lauk pauk atau daging-dagingan. Daging-dagingan ataupun lauk pauk yang mengandung tinggi kolesterol sebaiknya dihindari. Dengan menghindari makanan tinggi kolesterol ini kemungkinan besar kita akan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh karena kadar kolesterol yang tinggi.

Mencegah kolesterol dengan menghindari jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi dapat dikatakan sebagai salah satu langkah terbaik untuk menghindari penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol yang tinggi. Berikut makanan yang mengandung kolesterol tinggi diantaranya ialah daging unggas, daging ternak atau daging merah, makanan olahan daging, belut, makanan laut, santan atau minyak kelapa, berbagai macam susu, dan lain sebagainya.


mencegah kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco


Mencegah Kolesterol dengan Menghindari Makanan Berkolesterol 

Tinggi Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu cara untuk mencegah kolesterol dilakukan dengan cara menghindari makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi. Makanan yang dimaksud tersebut diantaranya ialah :

  • Daging unggas
Daging unggas menjadi salah satu makanan yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Tetapi pada daging unggas ini tidak semua bagiannya mengandung kolesterol yang tinggi. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi pada daging unggas ialah pada bagian daging yang memiliki lemak. Seperti daging ayam dan daging bebek. Pada kulit daging ayam memiliki kadar LDL kolesterol sebanyak 160 mg/10 gram dan pada kulit daging bebek dengan memiliki kadar LDL kolesterol sebanyak 165 mg/10 gram.
  • Daging ternak/ daging merah
Daging ternak atau daging merah menjadi makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi. Makanan ini harus dihindari sebagai upaya untuk mencegah kolesterol.
  • Makanan olahan daging
Makanan olahan daging seperti sosis ayam dan sosi daging sapi sebaiknya dihindari karena mengandung kadar kolesterol yang tinggi.
  • Belut
Pada belut sengan berat 10 gram mengandung kadar kolesterol LDL sebanyak 185 mg/ 10 gram. Maka sebaiknya makanan belut ini dihindari agar tidak terkena penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi.
  • Makanan laut
Makanan laut sudah terkenal memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Mengkonsumsi makanan laut ini sebaiknya dibatasi maksimal 10 gram. Contoh dari makanan seafood ini ialah udang, siput, kerang dan lain sebagainya
  • Santan atau minyak kelapa
Pada olahan kelapa seperti santan dan minyak kelapa mengandung kolesterol yang tinggi yaitu sebesar 185 mg. · Berbagai macam susu. Susu sapi dan susu sapi yang ditambahkan dengan krim sebainya dihindari karena memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Memang susu merupakan minuman yang bergizi namun sebaiknya bila akan mengkonsumsi susu sebaiknya dibatasi terutama untuk jenis susu sapi.
  • Kopi
Kopi yang mengandung kolesterol yang tinggi ialah kopi yang dicampur dengan krimer dan susu. Kopi jenis ini mangandung kolesterol yang tinggi karena mengandung lemak.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah kolesterol tinggi. Selain mencegah kolesterol tinggi dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan cara berolah raga. Berolah raga dapat mengontrol berat badan agar tetap termasuk ke dalam berat badan yang ideal. Karena seperti yang kita ketahui bahwa salah satu faktor resiko untuk meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh ialah berat badan yang berlebih. 




Oleh : Bidan Esi
Sumber :
  •  halosehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :