Mengatasi Kolesterol

Mengatasi kolesterol dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mengatasi kolesterol ini salah satunya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai komplikasi diantaranya ialah penyakit jantung. Namun, penyakit jantung ini dapat dicegah dengan cara mengatasi kolesterol agar tidak meningkat atau tinggi. Kolesterol dipertahankan agar berada pada kadar kolesterol normal dan jangan sampai meningkat. Apabila kadarnya meningkat maka harus segera diturunkan.


Mengatasi Kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Mengatasi kolesterol dengan mengkonsumsi makanan tertentu tentunya harus telah terbukti khasiatnya. Berikut beberapa makanan yang dapat digunakan utnuk mengatasi kolesterol diantaranya ialah :
  • Buah jeruk nipis 
Buah jeruk nipis dapat dijadikan makanan untuk mengatasi kolesterol. Buah jeruk nipis ini mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi karena di dalam jeruk nipis terkandung senyawa flavanoid yang berguna dalam menghambat produksi dari kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Terhambatnya kolesterol LDL ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung atau serangan jantung. Senyawa flavanoid selain terdpat pada jeruk nipis juga terdapat pada tomat, brokoli, kedelai, delima, bawang merah, bawang bombay, teh, dan lain-lain.
  • Buah delima 
Buah delima apabila dikonsumsi secara teratur dapat mengatasi kolesterol. Pada buah delima ini terkandung antioksidan dan polifenol yang memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Selain itu buah delima ini mampu mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung. · Buah mangga · Buah mangga dapat mengatasi kolesterol apabila dikonsumsi secara teratur. Kandungan dalam buah mangga seperti serat prebiotik dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah. Selain itu kandungan seperti pectin dan vitamin C yang ada dalam buah mangga dapat mengikis kolesterol LDL.

Mengatasi Kolesterol dengan Obat Penurun Kolesterol


Berbagai obat-obatan kimia diciptakan untuk mengatasi kolesterol. Salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi kolesterol ialah niacin. Niacin biasanya diberikan pada psien yang mmeiliki kadar trigliserida yang tinggi. Sebenarnya obat niacin ini dapat ditemukan kandungannya pada makanan. Niacin merupakan sejenis vitamin B. Dalam dosis tinggi, niacin dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini dapat mengatasi kolesterol. Tetapi penggunaan niacin dalam jumlah yang banyak dapat memunculkan efek samping berupa kulit yang menjadi kemerahan. Obat niacin tidak dianjurkan untuk diberikan pada pasien dengan gangguan pada perut, seperti sakit perut, sakit maag, dan gangguan pencernaan lainnya. Penggunaan niacin dapat mengatasi kolesterol namun harus dibarengi dengan tes berkala untuk memastikan agar orga hati berfungsi baik.

Mengatasi kolesterol selanjutnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat penurun kolesterol seperti aspirin. Aspirin biasanya akan diberikan dalam dosis yang rendah terlebih dahulu. Namun sebenarnya dosis pemberian aspirin ini bergantung pada umur serta faktor tertentu lainnya. Apabila orang tersebut memiliki usia dibawah 16 tahun maka tidak dianjurkan untuk meminum aspirin. Dosis rendah aspirin yang diberikan dapat mencegah terbentuknya gumpalan darah.

Mengatasi kolesterol selanjutnya ialah dnegan menggunakan obat ezetimebe. Obat ezetimebe dapat mengatasi kolesterol dengan cara memblokir penyerapan kolesterol di dalam makanan saat berada pada usus untuk masuk ke dalam darah. Keefektifan penggunaan obat ezetimebe dalam mengatasi kolesterol lebih sedikit dibandingkan dengan statin. Namun efek samping yang ditimbulkannya pun sedikit bahkan jarang menimbulkan efek samping. Sehingga obat ini dapat dipertimbangkan untuk mengatasi kolesterol.


Oleh : Bidan Sulis
Sumber :
  • Alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :