Menu Diet Kolesterol

Menu diet kolesterol sangat dianjurkan bagi pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Dengan menu diet kolesterol yang tepat, kadar kolesterol yang di dalam tubuh akan mengalami penurunan. Diet merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk menormalkan kembali kadar kolesterol tubuh. Pada umumnya diet merupakan sebuah program yang biasanya dirancang untuk menurunkan berat badan. Diet terkadang menjadi sebuah pilihan yang berat karena diet dianggap sebagai suatu hal yang menyiksa. Pola pikir yang menganggap menu diet selalu berhubungan dengan rasa makanan yang tidak enak dan porsi makanan yang terbatas adalah hal yang salah.

Diet tetap bisa dilakukan dengan menikmati makanan yang lezat berdasarkan dalam hitungan dan ukuran yang tepat, salah satunya dengan menu diet kolesterol. Kolesterol sebenarnya merupakan sebuah zat yang diperlukan dalam tubuh manusia. Akan tetapi, kadar kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh manusia juga dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia. Adanya kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan rawannya tubuh mengalami penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.


menu diet kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Kolesterol dibagi menjadi dua, yaitu kolesterol baik (HDL) kolesterol jahat (LDL). HDL dengan kepadatan tinggi disebut kolesterol baik karena HDL mengangkut kolesterol dari sel-sel dan kembali ke hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran. Sedangkan LDL dengan kepadatan rendah adalah kebalikan dari HDL. LDL mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Jika jumlah kolesterol tersebut melebihi yang dibutuhkan, maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding arteri sehingga menyebabkan penyempitan pada arteri dan menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, jagalah kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Jika Anda terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, lakukanlah beberapa cara seperte dengan mengkonsumsi menu diet kolesterol untuk membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menu Diet Kolesterol Tinggi

Menu diet kolesterol dapat dimulai dengan sarapan cepat di pagi hari dengan biji-bijian atau produk segar. Konsumsilah jeruk segar di pagi hari yang akan membantu dalam pembakaran lemak dalam tubuh agar menjadi lebih optimal. Selain itu, konsumsi juga oatmeal tanpa gula dengan susu tanpa lemak, makanan ini akan memberikan serat yang tinggi namun rendah akan kalori. Selain itu, terdapat juga menu diet kolesterol yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Makanan Kaya
Akan Serat Menu diet kolesterol yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat merupakan sebuah komponen yang penting dalam menu diet kolesterol. Serat dapat membersihkan racun dan endapan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Maka dari itu, menu diet kolesterol dapat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Untuk diet kolsterol, dianjurkan untuk mengkonsumsi 5gr hingga 10gr serat harian yang akan membantu dalam diet kolesterol. Serat bisa didapatkan dari satu mangkuk bubur gandum karena sudah mengandung sekitar 2 gr serat larut. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga bisa didapatkan dari buah-buahan seperti stroberi, apel, alpukat, dan anggur, kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan hazelnut juga memiliki kandungan serat yang tinggi, bahkan bisa mengurangi kolesterol hingga 5 %.
  • Makanan Non Kolesterol
Menu diet kolesterol yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang padat berernegi. Hal tersebut bertujuan agar jumlah kalori dalam tubuh bisa dijaga dalam level yang rendah. Beberapa jenis makanan yang padat berenergi yang dapat dikonsumsi contohnya yaitu sayuran hijau, buah berry dan buah melon karena memiliki kandungan air yang tinggi namun kalori yang sedikit.



Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • laksani.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :