Nama Obat Kolesterol

Nama obat kolesterol adalah dapat berupa nama obat kolesterol generik ataupun paten. Pada umumnya nama obat kolesterol dikenalkan pada masyarakat melalui nama obat kolesterol yang paten. Namun masyarakat juga harus tahu nama obat kolesterol dari nama generiknya. Nama obat generik merupakan nama obat yang diambil dari bahan dasar penyusun obat tersebut. Obat kolesterol tersebut sudah terbukti secara ampuh untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi. Setiap obat kolesterol ersebut memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi kadar kolesterol yang tinggi.


nama obat kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Nama Obat Kolesterol Generik 

Nama obat kolesterol generik merupakan nama obat kolesterol berdasarkan bahan dasar penyusun dari obat kolesterol tersebut. Nama obat kolesterol generik ini pada setiap obat generik dengan nama yang sama namun nama merknya berbeda keduanya tetap bekerja mengatasi kadar kolesterol yang tinggi dengan cara yang sama.

Berikut terdapat beberapa nama obat kolesterol generik, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Obat Statin
Nama obat kolesterol dari generik salah satunya ialah statin. Golongan dari statin ini terbagi lagi seperti simvastatin, atorvastatin, atorvastatin (Lipitor), dan rosuvastatin (Crestor). Obat statin ini memiliki efek samping yang dapat berpengaruh terhadap perut dan nyeri otot. Untuk itu terdapat beberapa orang yang intoleran terhadap obat statin ini.
  • Obat Aspirin
Nama obat kolesterol dari generik yang lainnya ialah obat aspirin. Terdapat kontraindikasi terhadap pemakaian obat aspirin ini. Salah satu kontraindikasi dari penggunaan obat aspirin yaitu obat ini tidak diperbolehkan untuk digunakan pada pasien dengan usia kurang dari 16 tahun. Selain itu dosis yang diberikan pada pasien juga harus berdasarkan resep dokter.
  • Obat Niacin
Nama obat kolesterol generik yang lainnya ialah Niacin. Niacin sendiri merupakan obat sejenis vitamin B yang dapat diperoleh dari makanan ataupun suplemen. Selain diberikan pada pasien yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, niacin ini juga diberikan pada pasien yang memiliki kadar trigliserida yang tinggi. Obat niacin ini diperoleh berdasarkan resep dokter. Dokter akan meresepkan obat niacin dengan kadar yang tinggi agar dapat mengurangi kadar trigliserida dan mningkatkan kadar kolesterol yang baik atau HDL. Namun kita perlu berhati-hati terhadap efek samping yang mungkin timbul akibat dosis niacin yang tinggi. Efek samping tersebut ialah kulit menjadi berwarna kemerahan. Namun efek samping dari obat niacin tersebut dapat dikurangi dnegan menghindari makanan yang pedas. Karena makanan yang pedah dapat memperparah efek samping yang terjadi. Terdapat kontraindikasi dalam penggunaan Niacin, yaitu obat ini tidak diperbolehkan untuk digunakan pada pasien yang memiliki kolesterol tinggi namun sedang mengalami masalah pada perut seperti sakit perut, sakit maag, gangguan pencernaan dan lain sebagainya. Selain itu obat niacin ini tidak dianjurkan untuk diberikan pada pasien dengan gangguan fungsi hati.
  • Obat Ezetimibe
Nama obat kolesterol geneik yang lainnya ialah ezetimebe. Obat ini mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghalangi kolesterol yang bersumber dari makanan untuk di serap di dalam usus dan masuk ke dalam darah. Obat ini memiliki efek samping yang sangat kecil. Namun kinerja dari obat ini tidak semaksimal seperti statin. Obat ezetimibe ini biasanya dikonsumsi bersamaan dengan obat statin. Obat ini dikonsumsi bersamaan dengan obat statin pada keadaan dimana kadar kolesterol tidak dapat diturunkan hanya menggunakan statin saja. Efek samping yang dapat terjadi dari penggunaan statin dan ezetimibe secara bersamaan merupakan efek samping yang terjadi bila menggunakan statin secara tunggal.

 Oleh : Bidan Sulis

Sumber :

  •  alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :