Obat Alami Penurun Kolesterol

Obat alami penurun kolesterol merupakan obat yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. obat alami penurun kolesterol lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan obat kimia yang memiliki efek samping. Kolesterol merupakan sebuah zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Akan tetapi, jumlah kolesterol yang diperlukan oleh tubuh manusia hanyalah sedikit. Maka dari itu, jagalah agar kadar kolesterol dalam tubuh tidak memiliki kandungan kolesterol yang berlebihan. Jika dalam tubuh Anda terdapat kadar kolesterol yang tinggi, konsumsilah obat alami penurun kolesterol.

Terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Kolesterol baik merupakan jenis kolesterol yang dibutuhkan dalam tubuh manusia sedangkan kolesterol jahat merupakan jenis kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh manusia. Kolesterol jahat (LDL) dapat menimbulkan penyempitan pada peredaran darah sehingga dapat menimbulkan penyumbatan yang dapat menimbulkan penyakit seperti penyakit jantung. Oleh karena itu, hindarilah kolesterol tinggi dikarenakan kolesterol tinggi mengandung kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.


Obat Alami Penurun Kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Easy Touch 


Obat Alami Penurun Kolesterol Tinggi

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dapat dengan mengkonsumsi obat alami penurun kolesterol sebagai berikut:

  • Alpukat
Buah alpukat dapat dijadikan sebagai obat alami penurun kolesterol. Buah alpukat memiliki kandungan pitosterol dan lemak tak jenuh dimana kandungan dalam alpukat tersebut dapat digunakan sebagai obat alami penurun kolesterol. Buah alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Untuk mengkonsumsi buah alpukat penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain sesuai dengan selera Anda.
  • Tomat
Tomat dapat dijadikan juga sebagai obat alami penurun kolesterol. Di dalam tomat memiliki kandungan senyawa likopen dimana senyawa tersebut dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Konsumsilah tomat sebanyak 50 gram setiap hari secara rutin. Dengan mengkonsumsi tomat dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk mengkonsumsinya dapat dengan cara dibuat dalam bentuk jus atau diajadikan sebagai campuran makanan.
  • Kacang Almond
Kacang Almond merupakan salah satu obat alami penurun kolesterol. Kacang almond merupakan jenis kacang yang dapat digunakan sebagai penurun kolesterol. Kacang almond memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL) dalam tubuh manusia. Terdapatnya lemak yang terkandung di dalam kacang almond dapat memebantu dalam penguraian kolesterol jahat (LDL). Selain itu, kacang almond memiliki kandungan vitamin E dan kalsium yang tentunya bermanfaat bagi tubuh manusia. Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumi kacang almond terjadi penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) sebanyak 10%. Konsumsilah kacang almond sebanyak 73 gram per hari untuk membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Minyak Zaitun
Minyak zaitun dapat juga dijadikan sebagai obat alami penurun kolesterol. Di dalam minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan lemak tak jenuh dimana kedua kandungan tersebut dapat digunakan untuk membantu penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai obat alami penurun kolesterol Anda bisa mencampurkannya kedalam sayuran atau menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega saat mengolesi makanan dan sebagai saus untuk roti. Namun, perlu diingat minyak zaitun memiliki kandungan kalori yang tinggi maka dari itu janganlah menggunakan minyak zaitun melebihi batas yang disarankan.
  • Delima
Buah delima dapat dijadikan juga sebagai obat alami penurun kolesterol selain buah alpukat. Buah delima memilki kandungan antioksidan berjenis polifenol yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi jus buah delima dapat menghalangi atau memperlambat penumpukan kolesterol dalam arteri seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung.



Oleh : Bidan Sulis
Sumber:

  • sehatsatu.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :