Obat Herbal Kolesterol Tinggi

Obat herbal kolesterol tinggi dapat dibuat dari berbagai macam bahan yang berasal dari alam. Pada dasarnya obat herbal kolesterol tinggi ini dibuat dari bahan tanam-tanaman yang sudah terbukti khasiatnya dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Biasanya pasien yang telah terdiagnosa memiliki kadar kolesterol yang tinggi akan melakukn berbagai upaya agar kadar kolesterolnya tidak tinggi. Selain menempuh cara pengobatan secara farmakologis dengan menggunakan obat-obatan yang berasal dari bahan kimia, pasien juga biasanya akan mencoba untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan obat herbal kolesterol tinggi.

Obat kolesterol tinggi yang dibuat bisa dibuat sendiri dengan menjadikan tanaman obat herbal kolesterol tinggi yang diubah menjadi suatu ramuan yang diminum. Ataupun dengan mengkonsumsi ekstrak dari tanaman obat herbal kolesterol tinggi tersebut.


Obat Herbal Kolesterol Tinggi
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco


Tanaman Obat Herbal Kolesterol Tinggi 

Tanaman di negara kita tersedia dalam jumlah yang banyak. Sebagian dari tanaman tersebut dapat dijadikan sebagai tanaman obat herbal kolesterol tinggi. Berikut terdapat beberpa tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal kolesterol tinggi diantaranya ialah :

  • Daun salam
Daun salam merupakan obat herbal kolesterol tinggi dapat di olah menjadi suatu ramuan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan yang terkandung di dalam daun salam ini mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Sehingga daun salam ini cocok untuk dijadikan sebagai onat herbal kolesterol tinggi. Ramuan tersebut dibuat dengan cara merebus 7 lembar daun salam bersamaan dengan 30 gr daun ceremai direbus dalam 600 ml air. Rebus daun-daun tersebut samapi air tersisia setengahnya atau kurang lebih sekitar 300 ml. Setelah itu biarkan air ramuan tersebut dingin, lalu minum secara teratur.
  • Kubis
Kubis menjadi salah satu obat herbal kolesterol tinggi. Pada tanaman ini mengandung protein, air, serat, lemak, dan lain sebagainya yang bermanfaat secara positif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kubis dalam meurunkan kadar kolesterol tinggi dapat dimakan langsung atau di olah terlebih dahulu. Biasnaya kubis di potong-potong kemudian diambil sarinya lalu diminum. Ataupun sari dari kubis tersebut dapat di campur dengan buah-buahan yang lain.
  • Akar manis
Akar manis menjadi salah satu obat herbal kolesterol tinggi. Pada tanaman akar manis mengandung sejenis triterpenoid dan juga bahan-bahan lain seperti biotin, asam sinapic, dan juga beta-sitoterol. Akar manis ini telah terbukti dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan cara kubis di rebus dan di campur dengan air. Apabila hal ini dilakukan secara teratur maka akan dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

Itulah contoh-contoh dari obat herbal kolesterol tinggi yang dapat di praktekkan cara pembuatannya. Obat herbal kolesterol tinggi pada umumnya tergolong aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Namun, pengobatan dengan menggunakan obat herbal kolesterol tinggi memiliki waktu yang lebih lama dalam menurunkan kadar kolesterol dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia.

Apabila menggunakan obat-obatan kimia mungkin manfaat dari obat yang digunakan tersebut dapat terasa manfaatnya terhadap tubuh dalam waktu beberapa jam bahkan beberapa menit setelah pemberian obat. Namun untuk obat herbal kolesterol tinggi masih memerlukan waktu yang lebih lama lagi dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Obat herbal kolesterol tinggi dapat menjadi pengobatan alternatif lainnya dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Apabila dilakukan dengan tertaur dan penuh kesabaran maka pengobatan dengan menggunakan obat herbal kolesterol tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi secara maksimal.


Oleh : Bidan Sulis

 Sumber :

  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :