Obat Herbal Penurun Kolesterol

Obat herbal penurun kolesterol merupakan obat-obatan yang terbuat dari bahan tumbuh-tumbuhan yang berguna untuk mengobati penyakit kolesterol. Obat herbal kolesterol ini bermacam-macam. Obat ini dapat dibuat sendiri dengan mengkonsumsinya menjadi suatu ramuan, ataupun membeli sediaannya yang telah di ekstrak menjadi obat herbal. Pada masa sekarang ini telah banyak produsen yang memproduksi obat herbal penurun kolesterol. Obat herbal yang diproduksi ini telah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Obat herbal penurun kolesterol ini dikonsumsi bagai mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan telah terdiagnosa oleh dokter mengidap penyakit kolesterol tinggi. Obat herbal kolesterol ini dapat digunakan bersamaan dengan obat medis yang diberikan oleh dokter. Tentunya sebelum menggunakan obat herbal penurun kolesterol ini diskusikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani.


obat herbal penurun kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi  merk Nesco


Macam-macam Obat Herbal Penurun Kolesterol 


Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya akan hasil bumi. Salah satu hasil bumi yang dimanfaatkan dalam pengobatan ialah obat herbal yang berasal dari tanaman yang tumbuh di negara kita. salah satu obat herbal yang diproduksi ialah obat herbal penurun kolesterol. Adapun macam-macam dari obat herbal penurun kolesterol diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Kunyit 
Kunyit dapat dijadikan sebagai obat herbal penurun kolesterol. Selain berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, kunyit juga dapat dijadikan obat dalam memperlancar aliran darah dan organ vital, menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah, membantu proses peluruhan haid, memperlancar proses persalinan, sebagai antibakteri, antiinflamasi serta dapat melancarkan pengeluaran empedu ke usus. Kunyit sebagai obat herbal untuk penurun kolesterol dapat dibuat dengan cara 10 gram rimpang kunyi yang segar dibersihkan lalu diiris tipis-tipis. Irisan tersebut direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian dinginkan lalu minum air rebusan tersebut sekaligus. Buat ramuan ini sebanyak 3 kali sehari selama 12 minggu.
  • Sambiloto 
Sambiloto dapat dijadikan sebagai obat herbal penurun kolesterol Obat herbal penurun kolesterol yang terbuat dari sambiloto ini dibuat dengan cara 20 gram sambiloto kering direbus bersama air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga tersisa satu gelas. Kemudian setelah dingin minum air rebusan tersebut sekaligus.
  • Akar manis 
Akar manis dapat dijadikan sebagai obat herbal penurun kolesterol Obat herbal penurun kolesterol ini mengandung beberapa zat seperti triterpenoid, flavanoid, asam ferulic, asam sinapic, biotin, asam amino dan beta-sitoserol. Cara membuat obat herbal untuk penurun kadar kolesterol dari akar manis ini dilakukan dengan cara 10 gram akar manis direbus bersamaan dengan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Kemudian biarkan dingin, setelah dingin minum ramuan tersebut dalam 2 tahap. Tahap pertama diminum pada pagi dan tahap kedua diminum pada malam hari. Obat herbal untuk penurun kolesterol yang terbuat dari akar manis ini memiliki efek samping bila digunakan dalam jumlah besar dan dalam kurun waktu yang lama. Dalam sebuah penelitian menunjukkan penggunaan akan manis sebanyak 30-40 gram per hari selama 9 bulan dapat menyebabkan hipertensi, kelemahan otot, edema, dan kekurangan kalium.
  • Seledri 
Seledri dapat dijadikan sebagai obat herbal penurun kolesterol. Obat herbal penurun kolesterol yang berbahan dasar dari seledri dibuat dengan cara 30 gram akar seledri segar dicuci bersih lalu direbus bersamaan dengan 2 gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu minum air rebusan seledri tersebut sekaligus. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini setiap hari.




Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • health.kompas.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :