Obat Herbal Untuk Kolesterol

Obat herbal untuk kolesterol yang dibuat di negara kita bermacam ragam. Obat herbal untuk kolesterol ini biasanya terbuat dari bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan yang ada di negara kita selain bermanfaat untuk dimakan, juga bermanfaat untuk dijadikan obat herbal. Obat herbal untuk kolesterol ini digunakan oleh pasien yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Dengan sebelumnya telah terdiagnosa memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi dapat berbahaya dan memicu penyakit lain. Penyakit yang dapat timbul sebagai akibat dari kadar kolesterol yang tinggi diantaranya ialah penyakit jantung dan stroke.

Untuk menghindari penyakit yang diakiatkan dari kadar kolesterol yang tinggi, maka pasien tersebut dapat mengkonsumsi obat herbal untuk hipertensi disamping melakukan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan farmakologis. Obat herbal untuk hipertensi yang dapat dibuat sendiri di rumah salah satunya ialah obat herbal untuk kolesterol yang berbahan dasar dari tanaman temulawak. Cara membuatobat herbal untuk kolesterol yang berbahan dasar dari temulawak di lakukan dengan cara 3 jari rimpang temulawak yang masih segar dikupas kulitnya kemudian diparut. Dalam parutan tersebut ditambahkan dengan setengah cangkir air panas dan biarkan mengendap. Kemudian setelah dingin endapan tersebut dibuang dan airnya diminum. Lakukan hal ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.


obat herbal untuk kolesterol
 Alat cek kolesterol multifungsi  merk Nesco

Makanan yang Dijadikan Obat Herbal untuk Kolesterol


Selain obat herbal untuk kolesterol tersebut berupa ramuan, terdapat makanan yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk kolesterol. Makanan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Buah Delima 
Buah delima dapat dijadikan sebagai makanan sekaligus obat herbal untuk kolesterol. Di dalam buah delima ini terkandung antioksidan polifenol yang memiliki manfaat dalam menurunkan kadar dari kolesterol jahat. Buah delima ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus. Dalam sebuah penelitian melaporkan bahwa dengan mengkonsumsi jus delima dapat menghalangi atau memperlambat tumbuhnya plak pada pembuluh darah arteri. Jus delima yang dapat dijadikan sebagai obat herbal penurun kolesterol adalah jus delima murni tanpa gula tambahan.
  • Buah Tomat 
Buah tomat dapat dijadikan sebagai makanan atau lalapn sekaligus obat herbal untuk kolesterol. Obat herbal untuk kolesterol yang tebuat dari tomat dibuat dengan cara di jus. Selain di jus, tomat juga dapat dimakan langsung. Di dalam buah tomat terkandung senyawa likopen yang dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Mengkonsumsi tomat setiap hari sebanyak 50 gram dapat menurunkkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. · Buah alpukat · Buah alpukat dapat dijadikan sebagai makanan dan juga obat herbal untuk kolesterol. Obat herbal untuk kolesterol yang terbuat dari buah alpukat ini dikonsumsi dengan cara di jus atau dimakan secara langsung. Pada buah alpukat mengandung lemak tak jenuh dan pitosterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. selain itu di dalam buah alpukat juga mengandung potasium, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan asam folat.
  • Kacang Almond 
Kacang almond selain dapat dijadikan sebagai makanan juga dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk kolesterol. Obat herbal untuk kolesterol ini dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu atau dimakan secara langsung. Kacang almond merupakan golongan kacang yang telah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. di dalam kacang almond terkandung lemak tak jenisyang dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol yang baik dan menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Kolesterol LDL dapat terurai oleh lemak yang terkandung di dalam kacang almond. Selain itu, kacang almond juga mengandung vitamin E dan kalsium. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi kacang almond mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sebesar 10% dibandingkan dengan pasien yang tidak mengkonsumsi kacang almond ini. Hal ini terjadi tanpa mempengaruhi kadar dari kolesterol baik atau HDL. Banyaknya kacang almond yang dikonsumsi agar kadar kolesterol jahat dapat turun hingga 10% ialah sekitar 73 gram setiap harinya.


Oleh : Bidan Sulis
Sumber :
  • sehat satu.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :