Obat Tradisional Penurun Kolesterol

Obat tradisional penurun kolesterol terdiri dari beberapa macam. Namun pada umumnya obat tradisional penurun kolesterol ini dibuat dari bahan tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung. Penyakit jantung ini menjadi pembunuh terbanyak yang ada di negara kita ataupun di negara maju. Pada umumnya penyakit jantung disebabkan karena asupan makanan berkolesterol tinggi yang berlebihan.

Terjadinya penyakit jantung pada seseorang terjadi melalui proses penyumbatan pembuluh darah yang ada pada jantung atau pembuluh darah koroner. Akibat dari adanya penyumbata ini membuat jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah sehingga terjadi kenaikkan tekanan darah. Pada akhirnya bila jantung tidak dapat bekerja dengan baik maka akan menyebabkan rasa sakit pada jantung bahkan serangan jantung.

obat tradisional penurun kolesterol
Alat cek kolesterol multi fungsi merk Easy Touch


Ramuan Obat Tradisional Penurun Kolesterol

Berikut terdapat ramuan obat tradisionalpenurun kolesterol yang dapat dibuat sendiri di rumah, yaitu sebagai berikut :

  • Akar manis
Akar manis memiliki nama lain yaitu licorice. Pada akar manis ini mengandung sejumlah zat yang bernama triterpenoid, flavanoid, asam ferulic, asam sinapic, biotin, asam amino dan beta-sitoserol. Akar manis dapat dijadikan ramuan obat tradisional penurun kolesterol dengan cara 10 gram akar manis direbus bersamaan dengan 3 gelas air bersih. Rebus sehingga tersisa 1 gelas. Kemudian air rebusan tersebut didinginkan lalu disaring dan dibagi menjadi 2 bagian untun diminum dua kali yaitu pada pagi dan malam hari. Namun dianjurkan untuk tidak menggunakan akar manis sebagai obat kolesterol dalam jangka waktu yang panjang. Karena pada pemakaian dengan jarak waktu yang panjang dapat menyebabkan terjadinya kelemahan otot, hipertensi, edema dan kekurangan kalium.
  • Sambiloto
Sambiloto dapat menjadi ramuan obat tradisional penurun kolesterol. Cara membuat ramuan ini yaitu dengan mengambil 20 gram sambiloto kering kemudian rebus bersamaan 3 gelas air. Biarkan dingin, setelah dingin air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini setiap hari.
  • Kunyit
Nama lain dari kunyit ialah Curcumae domesticae rhizoma. Kunyit dapat dijadikan sebagai salah satu dari obat tradisional penurun kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Kunyit ini berfungsi untuk melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh haid, mempermudah persalinan, anti bakteri, anti inflamasi, serta memperlancar pengeluaran dari empedu ke usus. Ramuan obat tradisional ini diolah dengan cara 10 gram rimpang kunyit segar dibersihkan lalu diiris tipis-tipis. Kemudian rimpang kunyit tersebut di rebus dalam air sebanyak 2 gelas sehingga tersisa satu gelas. Setekah itu biarkan dingin, dan setelah dingin minum sekaligus. Hal ini dilakukan sebanyak 3 kali per hari selama 12 minggu.
  • Seledri
Seledri memiliki nama lain sebagai Apii graveolentis radix. Obat tradisional ini mengandung asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir dan minyak atsiri. Seledri berfungsi untuk mengaktifkan enzim pencernaan dan meluruhkan air kencing. Cara membuat ramuan tradisional ini dilakukan dnegan 30 gram akar seledri segar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air, rebus hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan ramuan lalu minum sekaligus.
  • Temulawak
Temulawak memiliki nama lain yaitu Curcumae rhizoma. Temulawak ini merupakan salah satu ramuan obat tradisional penurun kolesterol. Temulawak berfungsi untuk memperlancar pengeluaran empedu ke usus. Cara membuat ramuan ini yaitu 3 jari rimpang temulawak segar dikupas kulitnya lalu diparut. Kemudian ditambah dengan setengah cangkir air panas dan biarkan mengendap. Dinginkan lalu endapan tersebut dibuang dan diminum airnya.



Oleh : Bidan Esi
Daftar Pustaka :
  •  health.kompas.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :