Obat Untuk Kolesterol

Obat untuk kolesterol dapat diberikan dengan tujuan kadar kolesterol di dalam tubuh dapat berkurang. Pengobatan penyakit kolesterol tinggi dapat dilakuakan dengan pemberian obat untuk kolesterol. Obat untuk kolesterol ini dapat berupa obat-obatan kimia ataupun obat-obatan herbal yang masing-masing memiliki keampuhan dalam mengobati penyakit kolesterol tinggi. Namun perlu diwaspadai terhadap penggunaan obat untuk kolesterol dengan dosis yang tinggi. Karena pada dasarnya obat yang diberikan dengan kadar atau dosis yang tinggi maka dapat menimbulkan efek samping yang tinggi pula.

Obat yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam atau yang sering disebut dengan obat herbal memiliki efek samping yang lebih minimal dibandingkan dengan obat untuk kolesterol yag terbuat dari bahan-bahan kimia. Untuk itu dalam pemebrian obat untuk kolesterol yang terbuat dari bahan-bahan kimia perlu diawasi dan dibatasi penggunaannya.



Obat Untuk Kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Obat untuk Kolesterol Alami

Obat untuk kolesterol yang alami dapat dibuat sendiri ataupun dapat membeli ekstrak dari bahan-bahan alam yang sudah diolah menjadi suatu obat herbal. Obat yang terbuat dari bahan alami dan sudah diolah ini mempunyai bentuk yang sama dengan obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia yaitu ada dalam sediaan padat seperti tablet atau kapsul, dan sediaan cair.

Obat untuk kolesterol yang alami dan dapat dibuat sendiri oleh kita adalah ramuan. Ramuan yang sering digunakan untuk mengobati penyakit kolesterol tinggi ialah ramuan yang berasal dari bahan tumbuhan seperti daun salam. Daun salam ini telah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh dan dijadikan sebgaai obat untuk kolesterol. Cara membuat ramuan ini ialah dnegan cara mengambil 7 lembar daun salam yang kemudian di rebus bersama dengan 30 gr daun ceremai dengan air sebanyak 600 cc. Rebus hingga air tersisa setengahnya atau kurnag lebih 300 cc. Setelah itu biarkan air tersebut dingin lalu minum sekaligus. Lakukan hal tersebut secara rutin agar kadar kolesterol dalam tubuh dapat berkurang.

Obat untuk kolesterol yang alami ini dapat dijadikan sebagai pendamping dalam mengobati kolesterol tinggi dengan menggunakan obat-obatan kimia. Tentunya sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan obat untuk kolesterol yang alami, perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter yang menangani tentang adanya kmeungkinan reaksi yang dapat terjadi bila meminum obat herbal dengan obat kimia secara bersamaan.

Obat untuk kolesterol yang alami yang berasal dari tanaman lainnya ialah kubis. Kubis dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan terlebih dahulu menjadi olahan makanan. Kubis dapat dijadikan sebagai lalapan saat makan. Apabila kubis dijadikan sebagai olahan makanan, maka kadar kubis harus lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lainnya. Kerena, dengan demikian kemungkinan untuk menurunnya kadar kolesterol di dalam tubuh dapat terwujud.

Terwujudnya kadar kolesterol yang normal merupakan cita-cita utama dari pasien yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Tentunya cita-cita tersebut dapat tercapai apabila pasien tersebut melakukan pengobatan secara teratur dan sabar. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara berperilaku sehat dan mengkonsumsi obat-obatan berdasarkan anjuran dari dokter atau berdasarkan hasil pemeriksaan. Obat untuk kolesterol menjadi pilihan utama dalam mengatasi kadar kolesterol tinggi. Dengan tindakan seperti itu, maka setidaknya pasien dengan kadar kolesterol tinggi dapat terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan dari kadar kolesterol yang tinggi. Bahkan pasien dapat terhindar dari komplikasi yang ditimbulkan dari kondisi ini.


Oleh : Bidan Sulis

Sumber :

  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :