Pengertian Kolesterol

Pengertian kolesterol mengandung makna sebagai suatu substansi lemak seperti lilin yang dibuat dalam hati dan sel-sel lain dan ditemukan dalam makanan tertentu, seperti makanan yang terbuat dari hewan, produk susu, telur, dan daging. Namun tidak cukup untuk mengetahui satu pengertian kolesterol saja. Kita perlu menggali lebih dalam mengenai pengertian kolesterol. Dengan mengetahui pengertian kosterol, kita dapat mengetahui apa itu kolesterol dan jenis-jenisnya. Sehingga kita dapat lebih waspada untuk menghindari penyakit yang diakibatkan karena kolesterol.

                  

pengertian kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Easy Touch

Jenis-Jenis dan Pengertian Kolesterol 

Pengertian kolesterol berhubungan dengan fungsi dan jenis-jenis dari kolesterol itu sendiri. Tubuh memerlukan kolesterol hanya dalam jumlah yang sedikit untuk menjalankan fungsi tubuh. sedangkan fungsi dari kolesterol itu sendiri ialah sebagai fasilitator dalam membantu dinding sel dalam memproduksi hormon, vitamin D, dan asam empedu yang dapat membantu mencerna lemak tersebut. Namun apabila kolesterol atau lemak yang diproduksi terlalu besar, maka masalah kesehatan akan timbul seperti penyakit jantung. Pengertian kolesterol sebagai suatu substansi lemak dalam tubuh. sifat kolesterol tersebut bisa membentuk plak di pembuluh darah arteri. Akibat hal tersebut dapat memperkecil ruang darah untuk mengalir ke jantung. Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut maka dapat terjadi pengerasan pembuluh darah atau yang disebut dengan aterosklerosis. Arterosklerosis ini dapat menyebabkan penyakit jantung.
Bila hal tersebut terjadi kemudian oksigen yang terkandung dalam darah tidak cukup untuk kebutuhan tubuh maka dapat merangsang untuk timbulnya sakit pada dada atau angina. Bahkan apabila suplai darah menuju jantung dipotong atau tertahan oleh sumbatan dari arteri koroner maka dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Hal ini biasanya disebabkan oleh penutupan tiba-tiba dari bekuan darah yang terbentuk di atas penyempitan sebelumnya. Hal ini sesuai dengan pengertian kolesterol sebagai susbtansi lemak yang dapat membentuk plak.

Terdapat kolesterol yang menempel pada protein sehingga disebut lipoprotein. Lipoprotein terdiri dari lipoprotein dengan kepadatan tinggi atau high density, kepadatan rendah atau low density, dan densitas rendah atau very low density. Klasifikasi ini bergantung pada banyaknya protein yang menempel pada lemak tersebut. Hal ini menunjukkan pengertian kolesterol yang berhubungan dengan protein.

Selain itu, sumber lain menjelaskan pengertian kolesterol sebagai berikut:
  • Kolesterol merupakan zat yang memiliki fungsi yang teramat penting bagi menjalankan fungsi tubuh. kolesterol dikenal sebagai zat lemak atau lipid. Lipid diproduksi oleh hati. Lipid ini juga dapat dihasilkan dari makanan. Suatu keadaan dimana kadar lipid terlalu tinggi disebut dengan hiperlipidemia. Keadaan hiperlipidemia ini dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Walaupun dalam tubuh orang tersebut mengandung kolesterol yang tinggi, namun hal ini tidak akan memberikan gejala khusus. Apabila keadaan ini dibiarkan berlaru-larut maka dapat mengganggu kesehatan. Protein dalam tubuh membawa kolesterol ke dalam darah. Perpaduan antara lipid dengan protein ini disebut dengan lipoprotein. Lipoprotein itu sendiri terdiri dari kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL.

Terdapat beberapa jenis-jenis kolesterol diantaranya ada LDL, HDL dan lain-lain. Berikut merupakan penjelasan jenis-jenis kolesterol dan pengertiannya.
  • Pengertian kolesterol LDL 
Pengertian kolesterol LDL merupakan singkatan dari Low Density Lipoprotein (LDL) atau disebut juga dengan kolesterol “buruk”. LDL ini dapat menyebabkan terjadinya penumpukan plak pada dinding arteri. Semakin banyak LDL yang ada dalam darah, semakin besar untuk terjadinya resiko penyakit jantung.
  • Pengertian kolesterol HDL
Pengertian kolesterol HDL merupakan singkatan dari High Density Lipoproteins (HDL). HDL disebut juga sebagai kolesterol “baik”, membantu tubuh menyingkirkan kolesterol jahat dalam darah. Semakin tinggi tingkat kolesterol HDL, semakin baik. Bila kadar HDL yang rendah maka akan berisiko meningkatkan penyakit jantung.
  • Pengertian kolesterol VLDL 
Pengertian kolesterol VLDL merupakan singkatan dari Very Low Density Lipoproteins (VLDL). VLDL mirip sifatnya dengan kolesterol LDL di dalamnya berisi sebagian besar lemak dan tidak banyak protein.
  • Pengertian kolesterol Trigliserida
Pengertian kolesterol trigliserida merupakan sejenis lemak yang diangkut dalam darah oleh VLDL. Kelebihan kalori, alkohol, atau gula dalam tubuh akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak di seluruh tubuh.


Oleh : Bidan Sulistia

Sumber:
  • jevuska.com 
  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :