Pengobatan Kolesterol

Pengobatan kolesterol merupakan suatu cara yang dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pengobatan kolesterol pada umumnya dilakukan dengan mengkonsumsi obat penurun kadar kolesterol tinggi. Obat-obatan yang dikonsumsi tersebut diperoleh berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Kemudian dokter memberikan resep berupa obat-obatan penurun kolesterol. Kolesterol sendiri dibutuhkan oleh tubuh namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Apabila terdapat kolesterol berlebih dalam tubuh maka dapat menimbulkan suatu penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Pengobatan kolesterol yang dilakukan dengan menggunakan obat-obatan herbal sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani. Dikarenakan dikhawatirkan terdapat reaksi yang dapat terjadi diantara obat kolesterol dari resep dokter dengan obat-obatan herbal. Kalaupun ingin menggunakan obat herbal, sebaiknya jangan digunakan bersamaan dengan obat yang berasal dari resep dokter.


pengobatan kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Nesco

Penyakit kolesterol itu sendiri dapat menyebabkan penyakit lain seperti penyakit jantung koroner. Terjadinya penyakit jantung koroner yang berhubungan dengan kolesterol ini dikarenakan kolesterol dalam tubuh menimbun di pembuluh dan membuat suatu plak di pembuluh darah koroner sehingga terjadi sumbatan terhadap aliran dari pembuluh darah.

Pengobatan Kolesterol dengan Obat

Pengobatan kolesterol dengan obat pada awalnya mungkin hanya akan diberikan satu jenis obat kolesterol saja. Namun untuk penyakit kolesterol yang sudah kronik di derita, mungkin akan diberikan beberapa jenis obat penurun kolesterol. Berikut terdapat beberapa daftar nama obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengobati kolesterol yaitu :

  • Obat Aspirin
Aspirin menjadi salah satu obat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Biasanya obat aspirin ini diberikan pada penderita penyakit kolesterol dalam dosis yang rendah. Selain itu biasanya pemberian obat aspirin ini di dasarkan pada umur serta faktor lainnya. Terdapat kontraindikasi dalam penggunaan aspirin untuk mengobati penyakit kolesterol yaitu pada orang yang berusia dibawah 16 tahun. Dengan mengkonsumsi aspirin dengan dosis yang rendah diharapkan ridak terjadi pembentukan gumpalan darah ata plak.
  • Obat Niacin
Niacin merupakan obat kolesterol yang diberikan bagi mereka yang mempunyai kadar trigliserida yang tinggi. Sebenarnya obat niacin ini merupakan vitamin B yang dapat diperoleh dari makanan maupun dari suplemen. Obat niacin dapat menurunkan kadar trigliserida dan menaikkan kadar dari kolesterol baik atau HDL bila obat tersebut diberikan pada dosis yang tinggi. Namun bila Niacin digunakan dalam jumlah yang melebihi dosis minimal maka niacin akan menimbulkan efek samping yaitu berupa kemerahan pada kulit. Efek yang sapat timbul tersebut dapat dikurangi dengan cara menghindari mengkonsumsi makanan pedas. Obat niacin ii juga tidak boleh diberikan pada pasien dengan sakit perut, sakit maag, gangguan pencernaan. Selain itu, pada penderita penyakit kolesterol yang diwajibkan untuk memakan Niacin juga dianjurkan untuk melakukan tes darah secara berkala agar dapat memastikan organ hatinya dapat berfungsi dengan baik.
  • Obat Ezetimebe
Obat ezetimebe ini mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Obat ini dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dengan cara memblokir atau menghalangi dari penyerapan kolesterol di dalam makanan di dalam usus untuk masuk ke dalam darah. Keefektifan dari obat ini kurang efektif dari pada statin. Tetapi efek samping yang ditimbulkan dari obat ini ialah minimal bahkan tidak ada efek samping.

Itulah ketiga obat dalam pengobatan kolesterol dengan menggunakan obat-obatan yang biasa diresepkan oleh dokter. Sebenarnya masih terdapat obat lain yang biasanya digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol seperti obat golongan statin.



Oleh : Bidan Esi
Sumber :
  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :