Penurun Kolesterol Alami

Penurun kolesterol alami dapat berupa obat-obatan yang terbuat dari bahan alami yang memiliki fungsi terhadap penurunan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Penurun kolesterol alami ini didapatkan dengan membuat sendiri atau membeli di apotek berupa ekstrak obat alami yang biasa disebut dengan obat herbal. Penurun kolesterol alami ini telah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun belum banyak penelitian yang meneliti obat-obatan tersebut. Tetapi beberapa pengalaman dari orang-orang yang pernah menggunakan obat alami dalam menurunkan kadar kolesterol menyatakan bahwa dengan menggunakan obat tersebut kadar kolesterolnya turun.


penurun kolesterol alami
Alat cek kolesterol multi fungsi merk Nesco


Obat Penurun Kolesterol Alami

Obat penurun kolesterol alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan terbukti ampuh ialah sebagai berikut :
  • Bawang putih
Bawang putih telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh. Namun hal ini terjadi dalam jangka waktu yang pendek. Apabila bawang putih tersebut tidak dikonsumsi lagi, maka kadar kolesterol di dalam tubuh dapat meningkat kembali.
  • Kacang-kacangan
Kacang-kacangan menjadi obat penurun kolesterol alami. Hal ini di dasarkan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh FDA yang membuktikan dengan mengkonsumsi segenggam kacang dengan berat 1,5 ons setiap hari maka dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Jenis kacang-kacangan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tersebut ialah almond, walnut, pecan, dan pistachio.
  • Kedelai
Kedelai termasuk ke dalam kacang-kacangan yang telah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kadar LDL kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan olahan kedelai seperti tahu, tempe, yoghurt dan lain sebagainya sama saja seperti kita mengkonsumsi kacang kedelai itu sendiri.
  • Makanan asam lemak omega-3
Makanan asam lemak omega 3 dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar trigliserida kolesterol. Makanan asam lemak omega 3 ini dapat menurunkan kadar lemak trigliserida dalam tubuh dengan cara menurunkan tingkatan hati dalam memproduksi trigliserida.

Selain obat penurun kolesterol alami diatas, terdapat makanan lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Makanan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Makanan yang terbuat dari gandum dan berbagai jenis serelia dengan kulit ari yang masih utuh.
  • Minyak yang berasal dari tanaman seperti minyak kanola, bunga matahari, dan minyak zaitun.
  • Ikan yang menjadi sumber lemak omega 3 yang dapat menekan kadar LDL. Ikan dapat menurunkan kadar LDL dengan 2 cara yaitu sebagai pengganti daging dan sumber lemak omega 3. 
  • Makanan seperti kacang-kacangan contohnya seperti kacang merah, walnut, dan almond dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. 
  • Buah-buahan seperti buah anggur, apel, stroberi, dan jeruk. Buah-buahan tersebut mengandung pectin yang dapat menurunkan kadar LDL. Selain buah-buahan tersebut, sayuran seperti terong juga mengandung serat larut tinggi. Selain itu buah alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.
Selain dari makanan, obat penurun kolesterol alami juga dapat diperoleh dari buah-buahan, buah-buahan tersebut diantaranya ialah tomat, buah delima, jus jeruk, dan lain sebagainya. Pada umumnya pada buah-buahan tersebut mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat menekan kadar LDL di dalam tubuh dan menikkan kadar HDL di dalam tubuh. Sehingga apabila buah-buahan ini dikonsumsi dengan rutin, maka akan memberikan efek yang maksimal terhadap penurunan kadar kolesterol tersebut dan menghindari dari penyakit jantung.



Oleh : Bidan Esi 
Daftar Pustaka : 
  • alodokter.com
  • webdm.com 
  • satusehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :