Tanaman Penurun Kolesterol

Tanaman penurun kolesterol adalah ramuan tradisional untuk mengobati kolesterol. Kolesterol merupakan sebuah zat yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit di dalam tubuh manusia. Terdapat dua jenis kolesterol yang pada umumnya kita ketahui yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik (HDL) merupakan jenis kolesterol yang sangat dibutuhkan di dalam tubuh manusia, sedangkan kolesterol jahat (LDL) merupakan jenis kolesterol yang harus dihindari di dalam tubuh manusia dikarenakan kolesterol jahat (LDL) dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya penyempitan sehingga dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit stroke dan serangan jantung.

Maka dari itu usahakan agar kadar kolesterol dalam tubuh selalu berada dalam kadar yang normal. Jika kadar kolesterol dalam tubuh berada dalam kadar tinggi segeralah lakukan beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh salah satu contohnya dapat dengan menggunakan tanaman penurun kolesterol.


Tanaman Penurun Kolesterol
Alat cek kolesterol multifungsi merk Easy Touch

Terdapat berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan tanaman penurun kolesterol. Dengan menggunakan tanaman penurun kolesterol efek samping yang dirasakan tidak akan seberat efek samping yang disebabkan oleh obat kimia.

Tanaman Penurun Kolesterol 

Tanaman penurun kolesterol yang dapat digunakan untuk membantu dalam penurunan kadar kolesterol dalam tubuh antara lain sebagai berikut:

  • Kubis 
Salah satu jenis tanaman penurun kolesterol yang dapat digunakan untun menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yaitu kubis. Kubis memiliki kandungan air, protein, serat, lemak dan lain sebagainya yang memiliki manfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. kubis pada umumnya dijadikan sebagi sayur, namun selain itu kubis juga dapat diolah dan diambil sarinya. Untuk mengambil sari yang terdapat dalam tanaman kubis dapat dengan cara memotong-motong kubis dan mengambil sari dari bahan tersebut. Untuk mendapakatkan hasil yang maksimal untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh konsumsilah sari kubis tersebut setiap hari. Apabila Anda tidak menyukai rasa kubis tersebut, olahlah kubis tersebut dengan cara mencampur dengan bahan lain.
  • Akar manis 
Akar manis juga merupakan tanaman penurun kolesterol selain kubis. Akar manis merupakan tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tanaman akar manis memiliki kandungan triterpenoid, asam sinapic, biotin, dan juga beta-sitoterol yang sangat bermanfaat. Untuk menggunakan tanaman akar manis sebagai tanaman penurun kolesterol dapat dilakukan dengan cara membuat ramuan dari akar manis tersebut. Proses pembuatan ramuan tersebut yaitu akar manis tersebut direbus dan dicampur dengan air. Kemudian, saringan dari rebusan akar manis bisa dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.
  • Buah dan Sayuran 
Tanaman penurun kolesterol yang selanjutnya yaitu buah dan sayuran. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan salah satu cara cepat dalam menurunkan kadar kolesterol. Kandungan vitamin dalam buah dan sayuran dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Buah-buahan tersebut termasuk didalamnya Anggur, Apel, Apricot sedangkan sayurnya meliputi Bawang Putih, Kol, dan juga Ubi Jalar. Selain bebas kolesterol, buah dan sayuran juga kaya akan serat dan pectin yang merupakan 2 unsur yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Kacang-kacangan
Tanaman penurun kolesterol yang berikutnya yaitu kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. jenis kacang-kacangan seperti kenari dan kacang almond dapat digunakan sebagai tanaman penurun kolesterol. Penn State Study menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi Kenari Hijau berdampak pada penurunan kadar kolesterol jahat secara signifikan.



Oleh : Bidan Sulis
Sumber:

  • sehatalamiku.com dan deherba.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :