Tips Menurunkan Kolesterol

Tips menurunkan kolesterol salah satunya dengan pengaturan aktifitas dan asupan makanan. Pengaturan aktifitas untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dapat dilakukan dengan cara berolahraga. Jenis olahraga yang dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh ialah dengan jogging, jalan sehat, sepeda santai, dan lain sebagainya. Melakukan aktifitas fisik seperti berolah raga secara teratur dapat neurunkan kadar LDL dan menaikkan kadar HDL di dalam tubuh. Selain itu dengan melakukan olahrag juga dapat memperlambat terjadinya penyumbatan oleh plak di dalam pembuluh darah.


tips menurunkan kolesterol
Alat Cek kolesterol multi fungsi merk Nesco


Tips Menurunkan Kolesterol dengan Makanan

Tips menurunkan kolesterol dengan makanan dilakukan dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Berikut terdapat beberpa jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh yaitu :

  • Oatmeal atau bubur gandum
Oatmeal atau bubur gandumn merupakan makanan yang kaya akan serat tinggi dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain pada oatmeal atau bubur gandum, serat yang tinggi juga di dapatkan pada kacang merah, pisang, apel, pir, serta buah prune. Fungsi serat yang tinggi tersebut dalam menurunkan kolesterol dilakukan dengan cara mneyerap kolesterol yang ada dalam aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukkan kolesterol di dalam pembuluh darah.
  • Yoghurt
Tips menurunkan kolesterol selanjutnya ialah dengan mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt ini tergolong ke dalam jenis makanan yang bebas lemak serta kaya akan protein, kalsium, mikroorganisme lactobacillus sp, yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.
  • Cokelat
Di dalam cokelat terkandung antioksidan dan flavanoid yang dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Selain itu cokelat juga dapat menurunkan stres dan ketegangan tubuh.
  • Makanan yang difortifikasi
Makanan yang difortifikasi dengan sterol atau stenol. Sterol atau stenol yaitu zat yang ada pada tumbuhan dan dapat membantu dalam penahanan penyerapan dari kolesterol. Contoh dari makanan tersebut ialah margarine, jus jeruk, yoghurt.
  • Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sebaiknya dikonsumsi secara teratur karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Naun untuk kentang sebaiknya dikurangu karena kandungan karbohidrat di dalam kentang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu terdapat tipe menurunkan kolesterol yang lainnya yaitu sebagai berikut.
  • Tips menurunkan kolesterol yang pertama ialah dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih telah terbukti khasiatnya dalam mencegah penyakit jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Bawang putih dapat dikonsumsi secara tunggal ataupun dicampur dengan bahan lain seperti salad ataupun rempah-rempah lain yang ada dalam menu makanan. 
  • Tips menurunkan kolesterol yang kedua ialah dengan mengkonsumsi bayam. Di dalam bayam mengandung suatu zat yang bernama lutein. Lutein ini sangat berguna dalam memelihara kesehatan mata. Selain itu juga bayam juga dapat memlihara kesehatan jantung dari lemak yang terdapat pada pembuluh darah. 
  • Tips menurunkan kolesterol yang ketiga ialah mengkonsumsi buncis. Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung lemak yang rendah. Lemak yang rendah disini ialah lemak tak jenuh ganda. Selain itu buncis juga merupakan sayuran yang berperan sebagai sumber karbohidrat yang biasanya dibutuhkan oleh penderita diabetes atau resistensi insulin. Apabila buncis ini dikonsumsi dengan takaran kurang lebih satu gelas setiap harinya maka dapat menurunkan kadar LDL, Trigliserida dan kolesterol jahat atau LDL yang ada pada tubuh kita. 



Oleh : Bidan Esi
Sumber :
  •  halosehat.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :